ini mengandung protein yang sangat tinggi maka pemerintah selalu mengadakan gerakan makan ikan
Gianyar, Bali (ANTARA) -
Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar menebar benih ikan nila di kolam air di areal Pura Langgar Desa Bunutin Kecamatan Bangli, Propinsi Bali, Jumat, sebagai rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Menurut Wayan Diar, hasil penebaran benih dapat meningkatkan potensi wisata di desa tersebut dan panen ikannya dapat dinikmati masyarakat setempat.
 
Wabup Bangli, I Wayan Diar mengatakan kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan dan harus sering dilakukan sehingga apa yang menjadi tujuan yakni pelestarian lingkungan dan pemanfaatan perairan umum seiring dengan kemajuan jaman teknologi dan ketrampilan maka perairan umum ini tidak hanya sebagai penangkapan ikan saja tetapi sudah dilakukan restoking atau pembudidayaan.
 
Ia menambahkan pembudidayaan juga bisa dilakukan di perairan umum sehingga ada manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Harapannya nanti setelah ditebarnya bibit ikan nila ini tentu yang paling utama yakni pemeliharaan bibit ini seperti diberi makan. Apalagi di tiap lokasi ditebar sebanyak 50 ribu bibit nantinya hasil dari pembudidayaan di perairan umum ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: BNPB cek efektifitas alat peringatan dini longsor di Bangli

"Ikan-ikan ini mengandung protein yang sangat tinggi maka pemerintah selalu mengadakan gerakan makan ikan, maka sangat perlu kita membudidayakan ikan nila ini," tambah dia.

Saat acara penebaran benih ikan nila hadir pula, Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika, Kadis PKP ( Pertanian, Ketahanan Pangan Dan Perikanan) I Wayan Sarma, Camat Bangli, serta Perbekel Desa Bunutin.
 
Kadis PKP Kabupaten Bangli I Wayan Sarma dalam laporannya menyampaikan kegiatan penebaran benih ikan nila ini dilaksanakan serentak di tiga lokasi yakni di areal perairan Pura Taman Narmada Bali Raja, Desa Tamanbali, di areal perairan Pura Langgar Desa Bunutin Bangli, dan Di Bendung Tampuagan Desa Peninjauan Kecamatan Tembuku,

Baca juga: Petani Songan-Bangli berbagi sayuran gratis untuk warga Kota Denpasar

Kegiatan ini dirangkaikan dengan HUT Kemerdekaan ke-76 RI. Penebaran benih kali ini adalah yang ke dua kalinya.

Untuk tahun ini dilakukan penebaran sebanyak 300 ribu bibit ikan nila yang terdiri dari 150 ribu di tahap pertama sedangkan untuk tahap yang kedua ini sebanyak 150 ribu bibit ikan nila yang dibagi menjadi 3 titik penebaran masing masing 50 ribu bibit nila.

Bibit ikan nila ini adalah murni hasil dari budidaya Balai Benih Ikan yang berada di Banjar Sidembunut, Kelurahan Cempaga Bangli, tujuan dari kegiatan ini untuk mengembalikan pelestarian ekosistem perairan umum di samping itu juga agar perairan umum ini tetap produktif bisa memberikan nilai tambah karena di areal ini merupakan sasaran obyek wisata Desa.

Baca juga: Wabub Bangli bagikan sembako ke nelayan Danau Batur

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021