KAI ingin tetap menghadirkan nuansa peringatan HUT RI bagi pelanggan sebagai wujud nasionalisme KAI dalam menyediakan konektivitas dan transportasi bagi masyarakat Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 bersama dengan pelanggan di kereta api dan di stasiun, Selasa.

“KAI ingin tetap menghadirkan nuansa peringatan HUT RI bagi pelanggan sebagai wujud nasionalisme KAI dalam menyediakan konektivitas dan transportasi bagi masyarakat Indonesia,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya.

Joni mengatakan peringatan HUT RI dilaksanakan secara serentak bersama dengan seluruh pelanggan yang melakukan perjalanan pada 17 Agustus 2021 pukul 09.45 s.d 10.30 serta pelanggan yang berada di stasiun.

Baca juga: KAI komitmen tetap tangguh dan tumbuh di masa pandemi

Pelanggan diinstruksikan untuk berdiri dan melakukan hening cipta diiringi dengan lagu Mengheningkan Cipta karangan T. Prawit. Pada saat memasuki detik-detik Proklamasi, pelanggan kemudian mendengarkan pemutaran rekaman pembacaan teks Proklamasi dan lagu Indonesia Raya.

“Meski dilakukan secara sederhana namun peringatan HUT RI tetap berjalan dengan khidmat dan mematuhi protokol kesehatan,” kata Joni.

Joni mengatakan respons masyarakat pun sangat antusias, haru dan bangga ketika mengikuti peringatan HUT RI di dalam kereta.

Untuk semakin menguatkan momen HUT RI, petugas di stasiun dan di atas kereta api juga menyelipkan kalimat “Dirgahayu Republik Indonesia Ke-76 tahun. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” di tiap akhir pengumuman.

Baca juga: Daop Surabaya mulai wajib sertifikat vaksin bagi penumpang

Tak hanya itu, para petugas frontliner yang terdiri dari petugas customer service on station, ticketing officer, dan announcer di stasiun mengenakan pakaian bernuansa kemerdekaan Republik Indonesia.

Joni berharap dengan dilangsungkan peringatan HUT RI di dalam kereta dan di stasiun, dapat menumbuhkan nasionalisme kepada masyarakat khususnya pelanggan KAI.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, KAI terus konsisten menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan ketat untuk menjadikan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, dan sehat bagi masyarakat.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, pelanggan dapat ikut merasakan semangat nasionalisme melalui transportasi kereta api,” pungkas Joni.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021