Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan Musikal Hanacaraka dalam rangkaian Festival Sastra Yogyakarta guna membangkitkan sastra lokal.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetty Martanti mengatakan, pertunjukan sastra Musikal Hanacaraka merupakan bagian dari upaya untuk menghidupkan kembali sastra lokal di Yogyakarta sebagai Kota Budaya.

“Sastra seharusnya bukan hanya sekadar wacana, namun haruslah mewujud dalam sebuah karya yang apik," katanya di Yogyakarta, Selasa.

Penyelenggaraan pertunjukan sastra Musikal Hanacaraka didahului dengan proses audisi Hanacaraka mulai dari 12 Agustus hingga 15 September 2021.

Audisi Hanacaraka dilaksanakan untuk menjaring orang dengan talenta di bidang seni dan budaya, termasuk musik, tari, akting, dan bahasa Jawa.

“Peserta yang terpilih dalam audisi ini akan menjadi bagian dari pertunjukan Musikal Hanacaraka dengan tim kreatif Garin Nugroho sebagai sutradara dan Paksi Raras Alit,” kata Yetty.

Audisi Hanacaraka terbuka untuk warga Kota Yogyakarta dengan beragam usia. Audisi mencakup dua kategori, kategori umum dan kategori pelajar.

Audisi kategori umum dibuka bagi warga dengan kartu identitas kependudukan atau surat keterangan domisili sanggar seni atau komunitas di wilayah Kota Yogyakarta. Audisi kategori kedua dibuka bagi pelajar SMA/SMK atau sekolah sederajat di wilayah Kota Yogyakarta.

Kegiatan audisi dilakukan secara daring. Peserta diminta mengunggah rekaman video karya ke Instagram pribadi dan diberi tagar sesuai dengan ketentuan yang bisa dilihat di akun Instagram @dinaskebudayaankotajogja dan @musikal.hanacaraka.

Karya yang diunggah berupa rekaman video menyanyi, menari, atau berakting dengan dialog Bahasa Jawa.

Materi audisi sudah disiapkan dan bisa diunduh dari bit.ly/audisihanacaraka atau laman resmi Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta di https://kebudayaan.jogjakota.go.id.

Penilaian peserta akan dilakukan secara daring oleh dewan juri yang terdiri atas Garin Nugroho, Achi Pradipta, dan Kinanti Sekar dengan mempertimbangkan kemampuan vokal, tari, bahasa dan sastra Jawa, serta kreativitas.

Selain bisa berpartisipasi dalam pertunjukan Musikal Hanacaraka, lima peserta dengan nilai terbaik dari masing-masing kategori audisi akan mendapatkan hadiah uang pembinaan, tropi, dan sertifikat. Hadiah yang disediakan nilainya total Rp40 juta.

Festival Sastra di Kota Yogyakarta digelar sejak Agustus hingga Oktober 2021. Kegiatan dalam festival tersebut meliputi Audisi Hanacaraka, lokakarya Hanacaraka, pameran virtual sastra, dan pertunjukan Musikal Hanacaraka.​​​​​​​

Baca juga:
Tiga karakter terpilih bintangi serial musikal "Nurbaya"
Film musikal membantu Sherina berimajinasi


Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021