Solo (ANTARA News) - Anggota diplomat yunior dari berbagai negara Uni Eropa (UE) menunda kegiatan kunjungan budaya atau "cultural visit" ke Kota Solo Jateng karena letusan Gunung Merapi.

Staf Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Wahyu Kristina, Jumat, mengatakan rencananya kunjungan budaya UE ke Solo berlangsung pada 12-13 November 2010.

"Namun karena adanya bencana Merapi, sebanyak 40 diplomat yunior menunda kunjungannya hingga kondisi di daerah sekitar Gunung Merapi aman," katanya.

Dia mengatakan, diplomat yunior yang merupakan para petugas teknis kedutaan asing UE tersebut mendengar kabar bahwa Solo terkena dampak letusan Merapi berupa hujan abu yang terjadi beberapa waktu lalu sehingga mereka menunda melakukan kunjungan.

Dia juga mengatakan, kunjungan budaya ini merupakan program Kementerian Luar Negeri untuk mempromosikan tempat wisata yang ada di Indonesia bekerjasama dengan Disbudpar.

Salah satu lokasi wisata yang akan dikunjungi, kata dia, yaitu Kota Solo.

Para diplomat UE memilih Solo sebagai tempat kunjungan budaya karena mereka tertarik untuk mengetahui Kota yang tengah dipimpin oleh Joko Widodo sebagai Wali Kota Solo.

"Lokasi untuk dikunjungi sudah kami tentukan seperti Kraton Kasunanan Hadiningrat, Kampung Batik Kauman dan Kampung Batik Laweyan, pasar antik cinderamata, serta Museum Batik," katanya.

Dia berharap, para diplomat tersebut akan melakukan kunjungan budaya pada akhir tahun 2010 untuk mewujudkan program Kemenlu dalam mengenalkan lokasi wisata Indonesia.(*)

(ANT-201/S006/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010