Wisma Atlet JSC Palembang rawat 37 pasien COVID-19 anak-anak

Wisma Atlet JSC Palembang rawat 37 pasien COVID-19 anak-anak

Foto aerial suasana malam hari menara delapan Wisma Atlet Jakabaring yang dijadikan tempat isolasi pasien COVID-19 di kawasan Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (14/7/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi (ANTARA/Nova Wahyudi)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, merawat 37 pasien COVID-19 anak-anak dari jumlah keseluruhan 77 orang pasien dirawat di fasilitas itu, Minggu.

PIC Rumah Sehat Wisma Atlet JSC M Bukhori di Palembang, Ahad, mengatakan pasien COVID-19 anak-anak tersebut dirawat di Menara (Tower) Delapan sebanyak 30 orang dan Tower Tujuh sebanyak 7 orang.

Melihat data tersebut terjadi penambahan pasien sebanyak empat orang anak, masing-masing tiga orang di Tower Delapan dan satu orang Tower Tujuh.

Baca juga: 36 pasien COVID-19 di Wisma Atlet JSC Palembang dinyatakan sembuh

Sebab pada Minggu (8/8) lalu tercatat ada sebanyak 27 orang untuk Tower Delapan dan 6 orang Tower Tujuh.

"Itu dari rekap data jumlah keseluruhan pasien satu pekan ini, ada sekitar 40 orang dewasa," kata dia.

Jadi jumlah pasien yang masih dirawat saat ini sebanyak 77 orang, masing-masing 36 orang di Tower Delapan dan 31 orang di Tower Tujuh.

Dari jumlah tersebut hanya ada penambahan satu orang pasien yakni di Tower Delapan, sedangkan selebihnya merupakan pasien lama yang dirawat sejak sepekan lalu.

Baca juga: Wisma Atlet Palembang diproyeksi rawat pasien COVID-19 gejala ringan

"Ada tiga pasien sudah sehat dan boleh pulang, sehingga kondisi di sana saat ini berangsur sepi cuma 77 tempat tidur," imbuhnya.

Secara keseluruhan pasien COVID-19 di rumah sehat Wisma Atlet JSC sudah tercatat sebanyak 593 orang, masing-masing 439 orang pasien di tower delapan terdiri dari 261 laki-laki, 178 perempuan, 409 dewasa, 30 anak-anak dan yang dinyatakan sembuh sudah ada 387 orang pasien COVID-19.

Lalu di tower tujuh sebanyak 197 pasien yang terdiri dari 139 laki-laki, 58 perempuan, 190 dewasa, 7 anak-anak, dan yang dinyatakan sembuh sudah ada 159 orang pasien COVID-19.

Baca juga: Wisma atlet palembang rawat 83 kasus positif COVID-19

"Sedikitnya dari jumlah tersebut ada 23 pasien dirujuk, dengan begitu tempat tidur kosong sebanyak 123 dari jumlah kapasitas 200 tempat tidur untuk dua tower, ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Lesty Nurainy, mengatakan, Rumah Sehat COVID-19 JSC menerima pasien yang sudah terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala atau gejala ringan dari rumah sakit atau puskesmas setelah dilakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR), rontgen dan laboratorium kesehatan.

Dengan catatan harus berdasarkan permintaan dari pasien tersebut, tidak ada unsur paksaan yang mewajibkan pasien dirawat di rumah sehat COVID-19 JSC, kata dia.

Baca juga: 56 TKI jalani karantina di Wisma Atlet Jakabaring Palembang

Apabila pasien bersedia, maka pihak rumah sakit atau puskesmas yang menjadi tempat pasien dirawat akan menghubungi petugas rumah sakit melalui pusat layanan kesehatan dengan nomer 0823-72755097.

Kemudian pasien akan dirujuk melalui sistem informasi rujukan rumah sakit integritas (Sisrute) dengan alamat fasilitas kesehatan (Faskes) tujuan faskes COVID-19 Sumatera Selatan.

Petugas Sisrute rumah sehat COVID-19 akan merespon rujukan yang masuk lalu menginformasikan kepada dokter di sana untuk mendapatkan persetujuan penerimaan pasien lalu selama ia dirawat, semua beban biaya ditanggung pemerintah, demikian Lesty.

Baca juga: Wisma Atlet Palembang mulai kedatangan tamu
Pewarta : Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021