Banjarmasin (ANTARA) - Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pameran seni bertema "Semarak topeng 71" untuk peringatan Hari Jadi ke-71 Provinsi Kalsel dan sekalian Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76.

"Gelar pameran seni ini akan berlangsung selama sembilan hari," ujar Kepala Taman Budaya Kalsel Suharyanti di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut dia, gelar pameran seni, yakni, seni lukis atau seni rupa dan seni instalasi ini dibuka sejak 13 Agustus dan berakhir pada 21 Agustus 2021. Bertempat di Taman Budaya Kalsel di Jalan Brigjen Hasan Basri Banjarmasin.

"Ada sebanyak 65 karya seni lukis yang ditampilkan dalam pameran seni ini, rata-rata menampilkan wajah lukisan topeng, hingga dibuat tema Semarak topeng 71 tersebut ," ujarnya.

Baca juga: Dua pelukis beda gaya gelar pameran di Taman Budaya Kalsel

Baca juga: KRI Tombak akan meriahkan HUT Armada RI di Banjarmasin


Menurut dia, digelarnya pameran seni ini agar karya seniman semakin dicintai, terutama para penikmat seni, baik di bidang seni rupa maupun instalasi seni. Apalagi saat ini masa pandemi COVID-19, kiprah mereka jangan sampai dilupakan.

"Untuk para penikmat seni, karena ini masa pandemi COVID-19, juga Kota Banjarmasin menerapkan PPKM level 4, maka pameran juga ditampilkan secara daring, bisa dilihat di YouTube Taman Budaya Kalsel," tuturnya.

Dia pun berharap, pameran ini akan dikunjungi pula secara langsung oleh warga, kalangan pendidikan, baik guru, dosen, serta para pelajar, mahasiswa. Karena ini maha karya seniman dari Ikatan Pelukis Seni Kalimantan Selatan (IPKS) dan juga Sanggar Sholihin Kalsel.

"Untuk bisa mengunjungi langsung ke pameran ini, pastinya diterapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Kita akan atur pengunjung, dari masuk gedung hanya 10 orang secara bergantian," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pelukis Seni Kalimantan Selatan, Muslim Anang Abdillah menyampaikan, dalam pameran seni lukis ini, sangatlah membantu khususnya para seniman rumahan, untuk menunjukkan hasil karyanya, apalagi dimasa pandemi COVID-19, mereka tetap semangat dalam melestarikan dan memajukan seni, khususnya di bidang karya seni rupa.

"Kita harap dengan adanya pagelaran ini, seni lukis di daerah akan tetap bisa eksis, meski di masa pandemi COVID-19 ini sangat berat dihadapi para seniman," ujarnya.*

Baca juga: Ada deklarasi bebas pasung di HUT kemerdekaan RI di Banjarmasin

Baca juga: 3.500 peserta ikuti Kirab Merah Putih di Banjarmasin
Karya-karya seni lukis pada pagelaran pameran seni lukis bertema Semarak topeng 71 di Kalsel tahun 2021.(Antaranews Kalsel/Ist)


 

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021