Jakarta (ANTARA) - Mantan juara dunia ONE Lightweight Eduard Folayang harus menerima kekalahan dari Zhang Lipeng saat petarung andalan Indonesia Eko Roni Saputra menang cepat pada laga ONE Championship dengan tajuk ONE: BATTLEGROUND II di Singapore Indoor Stadium, Singapura, Jumat malam.

Petarung Filipina itu dinyatakan kalah angka dari petarung veteran asal China itu oleh wasit setelah sebelumnya menjalani pertarungan cukup ketat selama tiga ronde yang masing-masing ronde berlangsung lima menit.

Zhang, berdasarkan data resmi dari ONE Championship, Sabtu, memberikan tekanan lebih awal, membawa Folayang ke ground dengan sukses dan mengendalikannya di atas matras. Setelah mengamankan punggung petarung ikon Filipina itu, Zhang menggebrak sambil mengancam dengan rear-naked choke.

Folayang mencoba mengayunkan momentum di ronde kedua, menggunakan tendangan rendah untuk menebas kaki lawannya. Tapi Zhang membuat penyesuaian yang penting dan mengambil tindakan kembali ke ground dengan serangan ganda.

Baca juga: Eko Roni Saputra hanya butuh 10 detik untuk tumbangkan Liu Peng

Pada ronde ketiga dan terakhir, Folayang lebih berhasil mempertahankan takedown sambil terus mengincar kaki Zhang. Tapi pukulan keras menjelang akhir ronde menyegel keputusan untuk wakil China itu. Ketiga juri menilai pertarungan dimenangkan Zhang dengan keputusan bulat.

Dalam pertandingan lain, mantan juara dunia strawweight dan penantang strawweight peringkat #5 saat ini Alex Silva memanfaatkan kemampuan grappling yang mumpuni untuk melumpuhkan lawannya yaitu Miao Li Tao asal China dengan mendapatkan keputusan mutlak yang jelas.

Silva mengancam dengan kuncian di awal ronde pertama, menangkap Miao dalam upaya armbar yang dalam. Dominasi grappling berlanjut di ronde kedua dan ketiga, membuat petarung asal Brazil itu unggul di kartu skor.

Sementara itu, petarung Indonesia Eko Roni Saputra mencetak rekor kemenangan tercepat dalam waktu 10 detik. Petarung asal Kalimantan Timur itu sukses melumpuhkan petarung China, Liu Peng Shuai pada ronde pertama dengan kemenangan KO.

Hasil tersebut merupakan yang tercepat dalam sejarah seni bela diri campuran kelas terbangONE dan memberi Eko Roni Saputra kemenangan kelima berturut-turut dalam ronde pertama.

Baca juga: Eko Roni Saputra ingin tunjukkan gaya menyerang saat hadapi Liu Peng

Berikut hasil lengkap ONE: BATTLEGROUND II di Singapore Indoor Stadium, Singapura, Jumat malam.

Mixed Martial Arts - Lightweight: Zhang Lipeng kalahkan Eduard Folayang melalui Keputusan Bulat

Mixed Martial Arts - Strawweight: Alex Silva kalahkan Miao Li Tao melalui Keputusan Bulat

Mixed Martial Arts - Heavyweight: Thomas Narmo vs. Alain Ngalani – No Contest (NC)

Mixed Martial Arts - Flyweight: Eko Roni Saputra kalahkan Liu Peng Shuai melalui Knockout (KO) pada detik 0:10 Ronde 1

Mixed Martial Arts - Lightweight: Rahul Raju kalahkan Otgonbaatar Nergui melalui Submission (Rear-naked Choke) pada menit 3:54 ronde 2.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021