Satgas apresiasi pelaksanaan posko PPKM Mikro Desa di Lampung Selatan

Satgas apresiasi pelaksanaan posko PPKM Mikro Desa di Lampung Selatan

Kepala BNPB selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito (kanan) mendengar penjelasan dari tim kesehatan Posko PPKM Mikro Desa Negara Ratu, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Jumat (13/8/2021). (ANTARA/HO-BNPB)

Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengapresiasi Desa Negara Ratu, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, sebagai salah satu desa percontohan penerapan protokol kesehatan yang memiliki posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

"Ini bagus ya. Tidak ada masalah," ujar Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dalam kesempatannya saat meninjau pelaksanaan PPKM Mikro di Desa Negara Ratu itu, Ganip juga menyampaikan, posko itu beroperasi secara optimal memberikan pelayanan masyarakat dalam penanganan COVID-19.

Ganip bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga menjabat Ketua Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPC PEN) berdialog menanyakan perihal pelaksanaan optimalisasi posko PPKM kepada petugas.

Melalui dialog itu, Ganip ingin memastikan bahwa penanganan COVID-19 bagi masyarakat Desa Negara Ratu dan kebutuhan serta sarana prasarana telah sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Kesehatan.

"Obat-obatan bagaimana? Aman ya. Tidak ada kendala, ya?," tanya Ganip.

"Obat-obatan disuplai dari Puskesmas, Pak," jawab tenaga kesehatan yang bertugas.

Dalam kesempatan itu, Ganip mengingatkan kepada para warga dan segenap unsur pemangku kebijakan agar tetap menegakkan protokol kesehatan, melaksanakan 3T (Testing, Tracing, Treatment) dan turut menyukseskan program vaksinasi.

Menurutnya, tiga hal itu menjadi komponen utama dalam mengendalikan COVID-19 sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

"Prokes tetap dijaga ya. Kuncinya itu," tegas Ganip.

Baca juga: Kepala BNPB tinjau vaksinasi anak di Pekanbaru

Baca juga: Kepala BNPB puji pelaksanaan PPKM di Batam


Usai berdialog dengan para petugas, Ganip Warsito dan Airlangga Hartarto juga menyempatkan diri bertatap muka dengan sejumlah warga kelompok rentan yang masuk dalam daftar pantauan petugas relawan posko PPKM Mikro Desa Nagara Ratu.

Airlangga menyerahkan bantuan berupa sembako kepada sejumlah warga yang ditemui langsung di kediamannya.

Ia juga berpesan agar protokol kesehatan selalu dilaksanakan dengan disiplin dan konsisten agar penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dapat dikendalilan dan pemulihan ekonomi segera bisa dilakukan.

"Protokol kesehatan dilaksanakan terus, ya bu," kata Airlangga kepada warga.

Desa Negara Ratu saat ini memiliki satu warga yang menjalani isolasi mandiri dan satu warga yang sedang dirawat di Puskesmas akibat COVID-19.

Pemerintah desa dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta petugas dari puskesmas telah melaksanakan segala aturan yang diterbitkan oleh pemerintah pusat dan perintah provinsi dalam menangani COVID-19.

Posko PPKM Mikro sendiri telah tersedia ruang isolasi mandiri berikut dengan petugas tracing, mobil ambulance desa, bantuan sembako dan vitamin bagi pasien isolasi.

Berdasarkan data per Jumat (13/8), sebanyak 572 warga Desa Negara Ratu telah divaksin. Angka tersebut sama dengan 4,4 persen dari keseluruhan warganya.

Sebelum meninggalkan Desa Negara Ratu, Ketua Satgas dan Ketua KPC PEN menyerahkan bantuan berupa masker 3.000 lembar, kantong jenazah 100 buah, hand sanitizer 15 jerigen, dan cairan disinfektan 15 jerigen kepada Kepala Desa Negara Ratu, Herry Putra untuk kemudian diserahkan kepada Posko PPKM Mikro Desa Negara Ratu.

Baca juga: Ganip Warsito: Posko PPKM daerah ujung tombak kendalikan COVID-19

Baca juga: Kasatgas COVID-19 ingatkan disiplin individu kunci sukses PPKM Darurat


#Pakaimaskerhargamati
#Tidakpakaimaskerbisamati
#MaskerUntukSemua
#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlamJagaKita
#BudayaSadarBencana
#BersatuLawanCovid19
#JagaJarak
#Cucitangan
Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021