Jakarta (ANTARA) - Latihan bersama (latma) Satuan Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL bersama pasukan United States Marine Corps (USMC) Reconnaissance Unit di Amerika Serikat akan jadi kesempatan bagi kontingen tentara Indonesia untuk menyerap ilmu, kata Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Kasal memberi wejangan itu kepada prajurit Satuan Intai Amfibi Korps Marinir saat acara unjuk kebolehan dan pelepasan sebelum mereka mengikuti Latihan Bersama Reconnaissance Exercise 21-I di Amerika Serikat pada September 2021.

"Saya percaya kalian akan mampu mengimbangi dan melaksanakan latihan tersebut, karena latihan ini sering dilaksanakan, dan bagi yang belum, hal ini jadi kesempatan bagus untuk menyerap ilmu. Kalian tidak kalah dari mereka dan tunjukkan kalian mampu jaga nama baik negara," kata Yudo Margono di Lapangan Tembak Jusman Puger Kesatrian Marinir Hartono Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta, Kamis.

Baca juga: 800 tentara ASEAN-Plus latihan bersama di Guilin

Baca juga: Kasad: TNI AD-SFAB US ARMY gelar latihan


Dalam acara pelepasan dan unjuk kebolehan itu, Kepala Staf TNI AL bersama Komandan Korps Marinir (Dankomar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono memeriksa kesiapan para prajurit Intai Amfibi Marinir yang akan mengikuti latihan bersama di AS.

Para prajurit pun memperlihatkan kepiawaian mereka dalam latihan menembak berhadapan, latihan terjun tempur, latihan tempur jarak dekat (close quarter battle), latihan menembak reaksi, dan latihan ekspiltrasi Stabo dan Atav.

"Latma Reconex diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan pemahaman bersama antara marinir dua negara, Indonesia dan Amerika Serikat. Latihan dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan interoperabilitas dan kemampuan Satuan Intai Amfibi Korps Marinir TNI Angkatan Laut dan USMC Reconnaissance Unit melalui latihan teknis dan taktis serta latihan," papar Laksamana TNI Yudo Margono.

Latihan bersama Reconex antara Korps Marinir TNI AL dan Marinir AS merupakan agenda rutin yang digelar tiap tahun. Kegiatan itu merupakan tindak lanjut kesepakatan antara pemerintah dua negara dalam memperkuat kerja sama bilateral bidang pertahanan.

Dalam kegiatan pelepasan kontingen Indonesia yang akan berangkat ke AS, Kepala Staf TNI AL didampingi oleh Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Asrena Kasal, Aspotmar Kasal, pejabat utama Markas Besar TNI AL, Wakil Komandan Korps Marinir, dan pejabat di lingkungan Korps Marinir.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021