Jaringan 4G ini harus ada di seluruh Indonesia sebagai negara kepulauan untuk menunjang transformasi digital,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menargetkan seluruh wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) akan terhubung dengan jaringan 4G pada 2022 melalui koordinasi dan pembiayaan yang baik dengan berbagai pihak.

"Jaringan 4G ini harus ada di seluruh Indonesia sebagai negara kepulauan untuk menunjang transformasi digital," kata Johnny dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis. Sementara itu, untuk wilayah di luar 3T yang belum terhubung jaringan 4G, Johnny mengatakan telah berkoordinasi dengan beberapa operator selular untuk membangun daerah-daerah komersial tersebut yang terdiri atas 3.435 desa dan kelurahan.

Baca juga: Kominfo nilai SDM mumpuni kunci kuasai teknologi digital

Data Kominfo mencatat sebanyak 9.113 desa dan kelurahan di wilayah 3T belum terjangkau oleh jaringan 4G, sehingga secara keseluruhan terdapat 12.548 desa dan kelurahan di Tanah Air yang belum bisa menikmati jaringan 4G. Sebanyak 70.670 desa dan kelurahan sudah terhubung dengan jaringan 4G dari total 83.218 desa dan kelurahan di Indonesia.

Menurut Jhonny, perluasan jaringan 4G menjadi tulang punggung dalam mendukung transformasi digital di dalam negeri, terutama di tengah COVID-19 yang saat ini melanda seluruh dunia. "Tetapi, pada saat yang sama kita tidak bisa menghindari perkembangan teknologi baru dan tidak boleh tertinggal dari adopsi teknologi baru," ucap dia.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021