Jakarta (ANTARA) - Petarung Indonesia Rudy “The Golden Boy” Agustian mengingatkan kepada rekan senegaranya Eko Roni Saputra yang akan kembali turun di ONE Championship untuk selalu waspada saat menghadapi pertarung China, Liu Peng Shuai karena sang lawan memiliki karakter yang hampir sama.

Sesuai dengan jadwal yang diterima dari ONE Championship, Selasa, laga dengan tajuk ONE: BATTLEGROUND II akan disiarkan dari Singapore Indoor Stadium di Singapura, Jumat (13/8).

Rudy Agustian menilai Eko Roni Saputra akan berusaha untuk membawa Liu ke ground dimana mantan juara gulat nasional Indonesia akan memiliki keunggulan yang jelas dan berbeda. Namun, penantang kelas flyweight ONE Championship harus mencoba memperkenalkan lebih banyak elemen ke dalam permainannya terutama ketika melakukan serangan.

Baca juga: Adrian Mattheis prediksi Eko Roni mampu atasi petarung China Liu Peng

“Strategi Eko Roni seharusnya menjatuhkan lawannya ke ground, karena itu adalah tipikal game plan-nya -- untuk menjatuhkan lawannya, melakukan ground-and-pound, dan menyelesaikannya secepat mungkin dengan sebuah submission,” kata Rudy.

“Saya pikir Liu Peng Shuai juga memiliki kemampuan gulat yang bagus, tetapi dia lebih merupakan petarung yang berpengetahuan luas, jadi saya tidak bisa mengatakan terlalu banyak. Ini tentang Eko Roni, dan bagaimana dia mengasah keterampilan menyerangnya sehingga dia tidak terlalu bergantung pada takedown-nya. Sudah waktunya [baginya] untuk menjadi petarung yang lebih baik”

Rudy terakhir kali bertarung pada Oktober 2019. Petarung veteran itu dengan sabar menunggu saat ia akhirnya kembali ke Circle.

Baca juga: Eko Roni Saputra tantang pegulat Liu Peng Shuai pada ONE Championship

Indonesia akhir-akhir ini dihantam oleh lonjakan kasus COVID-19 yang telah mempengaruhi kehidupan dan mata pencaharian, serta ekonomi bangsa secara luas. Pembatasan perbatasan dan protokol kesehatan yang ketat telah mempersulit orang untuk terbang masuk dan keluar dari Indonesia.

Rudy merasa Eko berada dalam posisi yang beruntung untuk tinggal di Singapura, dimana ONE Championship telah menyelenggarakan sebagian besar acaranya selama pandemi.

“Karena Eko Roni satu-satunya petarung Indonesia yang tinggal di Singapura, dia beruntung karena petarung Indonesia akhir-akhir ini tidak bisa bertanding. Tolong jangan sia-siakan kesempatan ini dan menangkan ini bagaimanapun caranya, karena ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk Indonesia.” pungkas Rudy.

Dalam laga utama ONE: BATTLEGROUND II, mantan Juara Dunia tiga kali ONE Lightweight Eduard “Landslide” Folayang akan menghadapi Juara KLF dan sesama petarung veteran “The Warrior” Zhang Lipeng.

Sedangkan pada laga pendukung utama, mantan Juara Dunia ONE Strawweight dan penantang seni bela diri campuran kelas Strawweight peringkat #5 saat ini Alex “Little Rock” Silva akan menghadapi Miao Li Tao dari China.

Baca juga: Anthony Engelen tantang Bruno Pucci duel ulang di ONE Championship

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021