Jakarta (ANTARA) - Mobil vaksin keliling di Jakarta Selatan bertambah tiga unit untuk mempercepat vaksinasi dengan menyasar kecamatan yang pencapaian vaksinasinya masih di bawah 50 persen.

DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan penanggung jawab operasional tiga unit mobil vaksin yang berlabel mobil "Kejar Vaksin" tersebut menyebutkan bahwa kehadiran mobil vaksin keliling tersebut untuk mempercepat vaksinasi demi terciptanya kekebalan komunal (herd immunity).

"Apalagi berdasarkan data dari Dasboard Vaksinasi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, beberapa kecamatan di Jakarta Selatan tingkat vaksinasinya masih di bawah 50 persen. Di antaranya Kecamatan Jagakarsa, Kebayoran Lama, dan Pasar Minggu," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan Yuke Yurike dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Yuke yang juga Anggota DPRD DKI Jakarta tersebut mengatakan, pihaknya mengerahkan tiga mobil vaksinasi keliling beserta tenaga kesehatan untuk melakukan vaksinasi selama dua pekan ke depan.

"Ini merupakan bentuk komitmen kami dalam setiap kegiatan gotong-royong. Vaksinasi harus terus berlanjut hingga kekebalan kelompok terbentuk," ujar Yuke.

Selain menghadirkan tiga unit mobil vaksinasi keliling, DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan juga menggelar vaksinasi di Museum Layang-Layang, Pondok Labu, Jakarta Selatan, selama dua hari, yakni Sabtu (7/8) dan hari Minggu.
Vaksinasi di museum tersebut bisa melakukan vaksinasi sebanyak 1.500 orang.

Baca juga: Relawan Jokowi-PDIP gelar vaksinasi sasar kawasan padat penduduk
Baca juga: PDIP DKI buka dapur umum untuk bantu warga yang isoman


Adapun lokasi sentra vaksinasi museum, kata Yuke dipilih sebagai simbolisasi pemulihan sektor pariwisata setelah pandemi COVID-19.
"Kami berharap setelah PPKM selesai, tempat wisata bisa kembali hidup dengan protokol kesehatannya yang ketat," katanya

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto yang menghadiri peluncuran mobil vaksin keliling bersama DPD PDI Perjuangan Ady Widjaja beserta sejumlah anggota DPRD daerah pemilihan Jakarta Selatan, seperti Gembong Warsono, Panji Virgianto, Indrawati dan sebagainya, memberikan apresiasi atas program vaksinasi yang dilakukan oleh DPC Jakarta Selatan.

"DPC Jakarta Selatan menurut saya benar-benar bisa menerjemahkan instruksi dari Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri untuk bisa terjun membantu masyarakat terutama di masa sulit seperti saat ini," ujar Hasto.

Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Ady Widjaja menilai kegiatan vaksinasi di sentra vaksinasi, dengan mobil keliling ataupun secara ketuk pintu harus terus dilakukan guna mempercepat vaksinasi.

"Seperti apa kata Bu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri), aksi PDI Perjuangan berprinsip menangis dan tertawa bersama rakyat," katanya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021