Balita di Depok diberikan vitamin A untuk wujudkan generasi sehat

Balita di Depok diberikan vitamin A untuk wujudkan generasi sehat

Ilustrasi - Jalan Juanda Depok. ANTARA/Feru Lantara.

Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat setiap Februari dan Agustus memberikan vitamin A kepada 119.961 anak dengan usia 6-59 bulan untuk mewujudkan kesehatan mata dan kekebalan tubuh.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Depok, May Haryanti dalam keterangannya, Minggu mengatakan anak yang mendapatkan cukup vitamin A akan lebih kebal jika terkena diare, campak atau penyakit infeksi lainnya.

Dikatakannya, untuk pemberian vitamin A bagi anak usia 6-11 bulan dosisnya 100.000 IU dengan tanda warna biru. Sedangkan, pemberian vitamin A bagi anak usia 1-5 tahun dosisnya 200.000 IU dengan tanda warna merah.

"Pemberian vitamin A tentunya sesuai dengan dosis sudah sesuai dengan usia anak. Ada dua jenis dosis dengan dua tanda yaitu merah dan biru. Jadi pemberian vitamin A harus sesuai dengan usia anak," katanya.

May menambahkan, ditengah pandemi COVID-19 pihaknya ingin anak tetap dalam keadaan sehat dan tumbuh dengan baik. Pemberian suplementasi vitamin adalah salah satu upaya untuk tetap menjaga anak sehat.

Selain itu lanjut dia seluruh kader Posyandu untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat pemberian vitamin A. Mengingat, vitamin A diberikan bersamaan dengan pelaksanaan Posyandu di masa pandemi COVID-19.

"Pemberian vitamin A tetap berjalan, diingatkan untuk menjaga jarak dan tetap menggunakan masker saat datang ke Posyandu," katanya.

Lanjut dia, vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Sebab vitamin A ini terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitelpelapis tubuh.

Ia menjelaskan Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan.
Baca juga: Di Depok 37 balita terkonfirmasi positif COVID-19
Baca juga: Lansia, balita, ibu hamil dilarang masuk mal di Depok
Baca juga: Dinkes Depok: Tidak semua pasien COVID-19 harus dirawat di RS
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021