36 pasien COVID-19 di Wisma Atlet JSC Palembang dinyatakan sembuh

36 pasien COVID-19 di Wisma Atlet JSC Palembang dinyatakan sembuh

Foto aerial suasana malam hari menara delapan Wisma Atlet Jakabaring yang dijadikan tempat isolasi pasien COVID-19 di kawasan Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (14/7/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi.

Sumatera Selatan (ANTARA) - Sebanyak 36 pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sehat Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, dipulangkan karena sudah dinyatakan sehat.

PIC rumah sehat Wisma Atlet JSC M Bukhori di Palembang, Ahad, mengatakan jumlah pasien yang dipulangkan tersebut berasal dari menara (tower) delapan sebanyak 29 orang dan dari tower tujuh sebanyak 7 orang.

“Hari ini banyak yang sudah boleh pulang karena setelah dirawat rata-rata satu pekan mereka sudah dinyatakan sehat oleh tenaga kesehatan,” kata dia.

Jumlah pasien yang masih dirawat saat ini sebanyak 84 orang, masing-masing 35 orang di tower delapan dan 49 orang di tower tujuh.

Baca juga: Pemkot Palembang tegur Puskesmas tolak warga positif COVID-19

Baca juga: Pemkot Palembang siapkan tambahan lahan pemakaman COVID-19

“Jumlah tersebut sudah termasuk penambahan pasien baru sebanyak sembilan orang, satu orang di tower delapan dan delapan orang di tower tujuh, mereka akan dirawat intensif sampai dinyatakan sehat oleh tenaga kesehatan,” ujarnya.

Secara keseluruhan pasien COVID-19 di rumah sehat Wisma Atlet JSC tercatat sebanyak 593 orang, masing-masing 418 orang pasien di tower delapan terdiri dari 249 laki-laki,169 perempuan, 391 dewasa, 27 anak-anak dan yang dinyatakan sembuh sudah ada 356 orang pasien COVID-19.

Lalu di tower tujuh sebanyak 175 pasien yang terdiri dari 133 laki-laki, 42 perempuan, 169 dewasa, 6 anak-anak yang dinyatakan sembuh sudah ada 133 orang pasien COVID-19.

“Sedikitnya dari jumlah tersebut ada 20 pasien dirujuk, dengan begitu tempat tidur kosong sebanyak 116 dari jumlah kapasitas 200 tempat tidur untuk dua tower,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Lesty Nurainy, mengatakan, rumah sehat COVID-19 JSC menerima pasien yang sudah terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala atau gejala ringan dari rumah sakit atau puskesmas setelah dilakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR), rontgen dan laboratorium kesehatan.

“Dengan catatan harus berdasarkan permintaan dari pasien tersebut, tidak ada unsur paksaan yang mewajibkan pasien dirawat di rumah sehat COVID-19 JSC,” kata dia.

Apabila pasien bersedia, maka pihak rumah sakit atau puskesmas yang menjadi tempat pasien dirawat akan menghubungi petugas rumah sakit melalui pusat layanan kesehatan dengan nomer 0823-72755097.

Kemudian pasien akan dirujuk melalui sistem informasi rujukan rumah sakit integritas (Sisrute) dengan alamat fasilitas kesehatan (Faskes) tujuan faskes COVID-19 Sumatera Selatan.

“Petugas Sisrute rumah sehat COVID-19 akan merespon rujukan yang masuk lalu menginformasikan kepada dokter di sana untuk mendapatkan persetujuan penerimaan pasien lalu selama ia dirawat, semua beban biaya ditanggung pemerintah,” ucapnya.*

Baca juga: 1.052 warga target vaksinasi dosis kedua Lanud Sri Mulyono Herlambang

Baca juga: Wisma Atlet Palembang diproyeksi rawat pasien COVID-19 gejala ringan

Pewarta : Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021