Jakarta (ANTARA) - Menjaga kesehatan, baik kesehatan tubuh secara fisik maupun secara mental, menjadi salah satu prioritas utama sebagian besar masyarakat saat ini.

Selain berolahraga, tidur yang cukup dan bermeditasi, menjaga asupan makanan juga penting, karena selain untuk membuat tubuh tetap bugar, makanan yang enak juga bisa membuat suasana hati jadi lebih menyenangkan.

 Untuk Anda yang hobi memasak di rumah, pastinya senang jika bisa bereksperimen membuat makanan yang enak, sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Lazada bersama Renatta Moeloek, salah satu juri acara televisi pencarian bakat Master Chef Indonesia berbagi tips mengenai cara memasak makanan yang enak dan sehat di program LazLive, Dapur Lazada.

“Memasak menu makanan sehat itu tidak susah, asalkan kita tahu trik pengolahannya sehingga kandungan nutrisinya tetap maksimal dan tidak hilang ketika dimasak. Bahan-bahannya juga tidak harus mahal ataupun ribet, yang sederhana pun bisa kita olah menjadi makan yang sehat, enak dan bikin bahagia,” kata Chef Renatta dikutip dari siaran resmi.

Berikut ini 5 tips memasak sehat ala Chef Renatta:

Baca juga: Robot pembuat paella dapat pujian dari chef Spanyol

Baca juga: Chef Arnold dan Kaesang Pangarep rilis buku


Batasi kandungan lemak dengan low fat cooking

Sajikan makanan rendah lemak dengan mengurangi penggunaan minyak dan mentega. Gunakan alat masak yang mendukung, seperti non-stick cookware sehingga tidak perlu mengoleskan mentega atau menggunakan minyak terlalu banyak ketika memasak.

Jika harus menggunakan minyak atau mentega, siasati dengan menggunakan spray atau diaplikasikan dengan kuas kue. Anda juga bisa memasak menggunakan air, ataupun kaldu dan mengganti penggunaan krim dengan susu rendah lemak.

Pilih bahan dasar tinggi protein

Protein merupakan salah satu zat penting untuk tubuh karena dapat membantu proses regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, memperbanyak asupan protein juga salah satu cara meningkatkan hormon dopamine, atau hormon pengendali emosi.

Saat dilepaskan dalam jumlah yang tepat, hormon ini akan meningkatkan suasana hati, sehingga kita bisa merasa lebih senang dan bahagia. Jadi selain sehat, mengonsumsi makanan tinggi protein juga bisa berpengaruh pada mood kita.

Pertahankan nutrisi sayuran dengan pengolahan yang baik

Sayur mengandung banyak vitamin yang mudah larut didalam air sehingga bersifat sensitif dan mudah hilang dalam persiapan memasak. Untuk mempertahankan kandungan nutrisinya, kukus atau gunakan microwave saat mengolah sayur, dibandingkan dengan direbus.

 Kalau Anda lebih suka merebus sayur, gunakan sedikit air dan hindari merebusnya hingga mendidih. Pengolahan dengan cara ditumis akan lebih baik untuk mempertahankan kesegaran dan nutrisinya.

Kukus, panggang dan rebus VS deep fried

Mengolah dengan cara mengukus memanggang dan merebus adalah alternatif yang bisa dipilih jika ingin membuat makanan lebih sehat.

Selain mempertahankan nutrisi yang terkandung di dalam masakan, pengolahan dengan cara ini pun juga cenderung lebih rendah lemak karena tidak menggunakan minyak yang berlebihan.

Gunakan garam secukupnya

Mengonsumsi garam berlebihan bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Anda bisa menguranginya mulai dari memilih sayuran segar dibandingkan kalengan, mengurangi daging yang sudah diproses seperti kornet ataupun smoked salmon, pasta atau sup instan.

Baca juga: Chef Arnold lelang pisau kesayangan di program TokoCare Tokocrypto

Baca juga: Menu Idul Adha - Kambing bakar ala restoran Cairo chef Yuda

Baca juga: Chef Juna bagikan tips mengolah daging kurban praktis dan nikmat

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021