Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI resmi membuka pameran virtual industri kreatif UMKM “Lokal Keren Jatim Road to BRILianpreneur” dalam rangka membantu membangkitkan pelaku UMKM.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan pameran virtual ini juga merupakan bagian dari Road to BRILianpreneur di mana event ini sejalan dengan spirit BRI yaitu memberikan pembinaan dan pengembangan kepada UMKM secara berkesinambungan melalui rangkaian kegiatan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

“BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR merupakan program signature tahunan BRI yang sudah terbukti memberikan banyak manfaat bagi para UMKM binaan BRI, yang tujuan utamanya membawa mereka [pelaku UMKM] menuju pasar global,” ujar Sunarso dalam seremoni pembukaan secara daring di Jakarta, Sabtu.

Event virtual yang dapat diakses pada https://lokalkerenjatim.id/ ini diikuti oleh sebanyak 251 UMKM terpilih dan event ini menjadi rangkaian agenda BRILianpreneur 2021, sebagai wujud nyata BRI mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia dan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan tema “Lokal Keren Jatim” ini merupakan wujud kepedulian terhadap UMKM yang dinisiasi oleh Presiden Republik Indonesia melalui Kemenko Maritim dan Investasi dan Kementerian BUMN. Adapun pemerintah melalui Kementerian BUMN menunjuk BRI sebagai penyelenggara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan menggandeng dua top brand lainnya yaitu Jaya Board dan Wingsfood.

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut B. Panjaitan mengatakan pihaknya mengapresisi Kementerian BUMN, khususnya BRI selalu campaign manager bersama pemerintah daerah, dan top brands Wings Food, Jaya Board dan e-commerce atas terselenggaranya pameran Lokal Keren Jatim yang telah menyuguhkan event dengan kemasan Bangga Buatan Indonesia secara virtual.

“Bagi pelaku UMKM, semangat dan teruslah berkarya, Indonesia pasti hebat, karena Anda sebagai tulang punggung ekonomi. Untuk platform e-commerce mari bantu UMKM meningkatkan transaksinya. Mari dukung dan belanja karya anak bangsa, dan Bangga Buatan Indonesia yang milik kita semua. Kita bersatu, kita bisa membuat Indonesia lebih bagus, lebih hebat ke depan,” kata Luhut.

Sedangkan Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi BRI, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan berbagai UMKM yang mendukung ikhtiar ini. Dia juga mengajak semua pimpinan dan insan BUMN untuk terus bangga memakai produk-produk UMKM nasional dan produk-produk asal Jawa Timur dengan berbelanja di https://lokalkerenjatim.id/.

"Kementerian BUMN selalu siap dan konsisten dalam menggelar kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di lingkungan BUMN, mendorong penggunaan produk lokal serta menikmati karya kreatif anak bangsa yang merupakan bagian dari bentuk perjuangan bangsa di masa penuh tantangan ini," ujar Erick.

Dalam pameran kali ini, sebanyak 251 UMKM terpilih mewakili Jawa Timur dan terdiri dari beberapa bidang industri seperti fesyen, makanan dan minuman, kerajinan dan dekorasi rumah, hingga aksesoris dan kecantikan. UMKM yang terlibat merupakan binaan BRI, Bank Indonesia, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Jawa Timur, One Pesantren One Product (OPOP) Provinsi Jawa Timur, Rumah BUMN, Wingsfood, dan Jayaboard.

Diharapkan melalui program BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR terjadi business matching yang menghasilkan transaksi, interaksi dengan pasar internasional. Selain itu bermanfaat pula sebagai sarana transfer knowledge bagi UMKM untuk menembus pasar ekspor. Melalui BRILianpreneur, UMKM dibukakan pintu pasar potensial secara virtual, seperti Malaysia, Australia, Hongkong, China, Kanada, Amerika Serikat dan lainnya.

Kegiatan ini tidak hanya dapat diikuti melalui website dan e-commerce, tapi dapat diikuti di sosial media dengan berbagai macam aktivitasnya. Dalam acara ini, BRI pun mempermudah akses transaksi di e-commerce menggunakan pembayaran daring seperti BRI Virtual Account (BRIVA), e-Pay BRI, Direct Debit BRI, Kartu Debit dan Kartu Kredit BRI.

Baca juga: Bank BRI berharap gernas BBI dorong pelaku UMKM untuk "go global"
Baca juga: Luhut: Semangat Bangga Buatan Indonesia konsisten hadir bagi UMKM
Baca juga: Erick Thohir ingin UMKM Jatim disukai dan dicintai konsumen global

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021