Kasus COVID Jepang capai satu juta saat infeksi menyebar ke luar Tokyo

Kasus COVID Jepang capai satu juta saat infeksi menyebar ke luar Tokyo

Para komuter tiba di Stasiun Shinagawadi Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021), pada awal hari kerja di tengah wabah penyakit virus corona (COVID-19). REUTERS/Kevin Coombs/AWW/sa.

Tokyo (ANTARA) - Jepang mencapai tonggak sejarah satu juta kasus COVID-19 pada Jumat, ketika infeksi melonjak di Tokyo, kota yang menjadi tuan rumah Olimpiade, dan daerah-daerah perkotaan lainnya saat negara itu berjuang untuk menahan varian Delta.

Berdasarkan laporan media dalam negeri, kasus baru di Tokyo mencapai 4.515, tertinggi kedua setelah rekor Kamis (5/8) 5.042. 

Sementara itu, Prefektur Kanagawa yang berpenduduk padat mengalami peningkatan kasus menjadi lebih dari 2.000, empat kali lipat dalam waktu kurang dari dua minggu.

Infeksi di Osaka, kota terbesar di bagian barat negara itu, juga naik ke rekor 1.310, sebagai tanda bahwa patogen menyebar dengan cepat di luar Tokyo.

Sejak pandemi mulai merebak tahun lalu, jumlah total kasus sekarang tercatat di atas satu juta, menodai keberhasilan awal Jepang dalam mengatasi penyakit tersebut.

Baca juga: Rekor kasus COVID-19 bayangi Olimpiade Tokyo

Ketika penularan tampaknya menyebar dengan cepat dari ibu kota ke wilayah lain, Perdana Menteri Yoshihide Suga dengan nada hati-hati memperluas keadaan darurat ke seluruh negeri.

"Kita perlu mempertimbangkan kondisi lokal. Setiap daerah dapat mengambil langkahnya sendiri," kata Suga kepada wartawan di Hiroshima, kota tempat ia menghadiri upacara untuk peringatan ke-76 bom atom.

Namun, krisis kesehatan yang memburuk kemungkinan akan memberi tekanan pada Suga menjelang pemilihan yang harus diadakan pada Oktober.

Suga juga mengatakan setiap keputusan, soal apakah akan mengizinkan kehadiran penonton pada Paralimpiade yang dijadwalkan pada 24 Agustus-5 September, akan diambil setelah Olimpiade berakhir pada 8 Agustus.

Suga menegaskan bahwa dia tidak menganggap Olimpiade menyebabkan infeksi COVID meningkat. 

Sumber: Reuters

Baca juga: RS tertekan, Jepang batasi rawat inap pasien COVID-19

Baca juga: Jepang akan perluas status darurat COVID-19


 

Cincin Olimpiade di langit Tokyo

Pewarta : Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021