kita prioritaskan warga di Kecamatan Bulak
Surabaya (ANTARA) - Pasukan Marinir 2 (Pasmar 2) menggelar serbuan vaksinasi COVID-19 di area wisata Kenjeran Park (Kenpark), Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis, untuk mewujudkan herd immunity atau kekebalan tubuh masyarakat.

Komandan Brigif 2 Mar Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung menyampaikan, bahwa pelaksanaan serbuan vaksin yang dilaksanakan pada 5 Agustus 2021 di Kenpark, dasarnya adalah perintah Presiden Nomor 14 Tahun 2021.

"Di mana dengan dasar perintah ini, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) memerintahkan kepada Komandan Korps Marinir untuk melaksanakan serbuan vaksin, terutama dilaksanakan di wilayah pesisir. Sebagai satuan pelaksananya pada saat ini adalah Pasmar 2," katanya.

Danbrigif 2 Mar juga menjelaskan, bahwa pelaksanaan vaksinasi di Kenjeran Park Surabaya menggunakan vaksin jenis Sinovac dengan sasaran masyarakat umum, khususnya warga pesisir sebanyak 1.200 jiwa.

"Saat ini pelaksanaan vaksin kita prioritaskan warga di Kecamatan Bulak, tetapi (masyarakat) di luar (wilayah) itu juga kami tetap menerima pendaftaran dari masyarakat yang berkeinginan untuk divaksin," katanya.

Baca juga: Konsulat Kehormatan Belanda bantu penanganan COVID-19 di Kota Surabaya
Baca juga: Pengusaha bantu Rp2 miliar untuk penanganan COVID-19 di Surabaya


Ia menambahkan, bahwa tujuan pelaksanaan vaksin ini untuk meningkatkan kekuatan imunitas tubuh sehingga bisa memiliki tubuh mempunyai antibodi untuk melawan infeksi virus COVID-19.

"Saya berharap kepada seluruh masyarakat, Surabaya khususnya, setelah melaksanakan vaksin agar tetap melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin," katanya.

Serbuan vaksinasi di Kenpark kali ini dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum bersama jajarannya.

Wali Kota Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih kepada Pasmar 2 yang telah menyelenggarakan serbuan vaksinasi di Kenpark, Surabaya. Menurutnya, vaksinasi yang dilakukan ini bisa mempercepat pembentukan herd immunity warga Kota Pahlawan.

Ia juga mengatakan, bahwa akan ada kiriman pasokan vaksin dari pemerintah pusat yang jumlahnya besar pada bulan Agustus 2021 sehingga pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai instansi dan stakeholder terkait untuk pelaksanaan vaksinasi di Surabaya Raya.

 Baca juga: Kapolda: 7.538 orang telah divaksin di Taman Bungkul Surabaya
Baca juga: Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua AZ di Surabaya berlangsung tertib
Baca juga: Pemkot Surabaya rumuskan kebijakan jangka panjang penanganan COVID-19

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021