Jakarta (ANTARA) - Rangkaian pertandingan terakhir penyisihan Grup C basket putra Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung di Saitama Super Arena, Minggu, memperlihatkan keberhasilan Slovenia menyapu bersih kemenangan dan mimpi tuan rumah melangkah ke perempat final musnah sudah.

Argentina bertanggung jawab atas musnahnya mimpi Jepang ke babak perempat final setelah memetik kemenangan 97-77 kala kedua tim bertanding.

Rendahnya konversi tripoin Jepang, yang hanya mencapai 23 persen dibandingkan 39 persen yang dilesakkan Argentina, turut bertanggung jawab atas kekalahan kali ini.

Luis Scola dan Facundo Campazzo sama-sama mengemas dwiganda untuk menyokong kemenangan Argentina, masing-masing dengan 23 poin dan 10 rebound serta 17 poin dan 11 assist.

Gabriel Deck turut membantu lewat 16 poin dan Marcos Delias 14 poin serta tujuh rebound, demikian catatan statistik laman resmi Olimpiade.

Baca juga: Basket putra Iran yang pertama tinggalkan Tokyo, disusul Nigeria

Di pihak tuan rumah Baba Yudai memimpin dengan 18 poin, diikuti Yuta Watanabe 17 poin, Rui Hachimura dwiganda 13 poin dan 11 rebound, Makoto Hiejima 13 poin dan Daiki Tanaka 10 poin.

Dengan kemenangan tersebut, Argentina lolos ke babak perempat final sebagai satu dari dua tim peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup.


Doncic terus bersinar

Bintang tim NBA Dallas Mavericks, Luka Doncic, terus bersinar dalam penampilan Olimpiade perdananya dan nyaris mencapai triganda kala mengemas 12 poin, 14 rebound dan sembilan assist untuk membantu Slovenia mengalahkan Spanyol 95-87.

Doncic tentu tidak sendirian, sebab Slovenia juga mendapat pasokan 22 poin dari Vlatko Cancar, diikuti dwiganda 16 poin dan 14 rebound milik Mike Tobey serta 15 poin yang dicetak Klemen Prepelic.

Baca juga: Luka Doncic bawa Slovenia ke perempat final basket Olimpiade

Bagi Spanyol, tim berstatus juara dunia itu dipimpin oleh Ricky Rubio yang membukukan 18 poin dan sembilan rebound, diiringi 14 poin Alberto Abalde serta masing-masing 12 poin dari Rudy Fernandez dan Sergio Llull.

Hasil itu menjadikan Slovenia sebagai tim ketiga di Tokyo yang menyapu bersih kemenangan di fase penyisihan setelah Prancis di Grup A dan Australia di Grup B.

Satu slot peringkat ketiga terbaik lainnya jadi milik Jerman yang melengkapi daftar delapan besar Olimpiade Tokyo 2020.

Babak perempat final dijadwalkan berlangsung pada Selasa (3/8) dengan Italia bertemu Prancis, Slovenia menghadapi Jerman, Spanyol kontra Amerika Serikat dan Australia meladeni Argentina.

Baca juga: Jatuh di kamar mandi, bintang NBA Australia tinggalkan Olimpiade
Baca juga: Tim putri Amerika Serikat sabet emas Olimpiade perdana basket 3x3

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021