Hari ini saya terharu, kolaborasi antara TNI dan sipil untuk melakukan program vaksinasi massal sebagai bagian dari “Serbuan Vaksin” berjalan baik.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkolaborasi dengan TNI AU menggelar program vaksinasi yang diselenggarakan di sekolah transportasi Kemenhub.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meninjau langsung kegiatan vaksinasi di Politeknik Penerbangan Indonesia Curug (PPIC), Kabupaten Tangerang, Sabtu.

"Hari ini saya terharu, kolaborasi antara TNI dan sipil untuk melakukan program vaksinasi massal sebagai bagian dari “Serbuan Vaksin” berjalan baik. Untuk pelaksanaan vaksin hari ini dikhususkan untuk masyarakat dan anak berusia 12-18 tahun di wilayah sekitar Kabupaten Tangerang," kata Budi Karya dalam keterangannya, Sabtu.

Baca juga: Kemenhub gandeng Nottingham University kembangkan kendaraan listrik

Budi Karya menyampaikan pemberian vaksin di PPI Curug dilaksanakan selama dua hari, yaitu mulai Sabtu, 31 Juli 2021, hingga 1 Agustus 2021. Target penerima vaksin sebanyak 4.000 orang yang menyasar masyarakat sekitar, pelajar usia di atas 12 tahun, dan para pekerja di sektor transportasi.

Dalam kegiatan vaksinasi ini dikerahkan sejumlah tenaga kesehatan dari Kemenhub, TNI AU, Dinas Kesehatan, dan Puskesmas setempat. Kegiatan vaksinasi ini juga didukung oleh PT AP I, AP II, dan Airnav Indonesia.

Menhub mengatakan pelaksanaan serbuan vaksinasi massal akan dilakukan di lebih 30 lokasi sekolah di luar Pulau Jawa.

Sementara itu, KSAU Marsekal Fadjar menyatakan, serbuan vaksinasi yang dilakukan ini diharapkan dapat mencapai target yang diharapkan yaitu hingga 1 juta jiwa/hari.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan yang berasal dari gabungan TNI, Kemenhub, dan pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah bekerja dengan baik untuk melaksanakan serbuan vaksinasi massal," ujar Kasau.

Baca juga: Bio Farma terus distribusikan vaksin menuju 34 provinsi.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya pemerintah, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi. Hal ini dilakukan demi mencapai kekebalan komunal atau herd immunity, yang diharapkan dapat kembali memulihkan dan menggerakkan kegiatan ekonomi.

Selain menggelar vaksinasi, Kemenhub bekerjasama dengan TNI AU, Airnav Indonesia, dan PT Angkasa Pura I, PT. Angkasa Pura II, PT. Airnav Indonesia juga membagikan bantuan sosial berupa 600 paket sembako kepada masyarakat sekitar yang terdampak ekonominya akibat pandemi.

Pada kesempatan tersebut, Menhub bersama KSAU juga meninjau ruangan isolasi mandiri di PPIC, yang diperuntukkan bagi para penderita Covid-19 bergejala ringan, baik itu para pegawai Kemenhub maupun masyarakat sekitar.

Turut hadir mendampingi dalam kegiatan tersebut Bupati Kabupaten Tangerang A. Zaki, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Plt. Kepala BPSDM Perhubungan Zulfikri, Dirut PT. Angkasa Pura 2 (Persero) Muhammad Awaludin, Direktur Utama PT. Airnav Indonesia Praminto Hadi.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021