Kota Malang siapkan 12 ribu relawan pendukung penanggulangan COVID-19

Kota Malang siapkan 12 ribu relawan pendukung penanggulangan COVID-19

Arsip Foto. Seorang relawan membantu warga mengambil bantuan sembako yang disediakan di Lumbung Sedekah Pangan di Purwantoro, Kota Malang, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pras)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang di Provinsi Jawa Timur sedang menyiapkan kurang lebih 12 ribu relawan untuk mendukung upaya penanggulangan COVID-19 di wilayahnya.

"Kami sudah berbicara dengan Kementerian Kesehatan, Kota Malang akan ada kurang lebih 12 ribu orang relawan," kata Wali Kota Malang Sutiaji di Kota Malang, Kamis.

Ia mengatakan bahwa para relawan akan ditugaskan untuk membantu penanggulangan COVID-19 di tingkat lingkungan rukun tetangga (RT). 

Menurut dia, pemerintah kota akan menugaskan tiga relawan di setiap lingkungan RT untuk memantau serta mendata mobilitas warga.

"Pada tiap RT, akan ada tiga orang relawan. Mereka bertugas untuk mendata, menilai, dan memantau mobilitas masyarakat, termasuk juga kebutuhan kesehatan, itu terpantau," katanya.

Para relawan, ia mengatakan, juga diharapkan membantu mengedukasi warga mengenai upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19. 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 4.226 lingkungan RT yang tersebar di 57 kelurahan di lima kecamatan di wilayah Kota Malang.

Pemerintah Kota Malang masih melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro untuk mengendalikan penularan COVID-19. 

Menurut data pemerintah, jumlah akumulatif warga yang terserang COVID-19 di Kota Malang sebanyak 10.609 orang dengan perincian 6.826 orang telah sembuh, 761 orang meninggal dunia, dan sisanya masih menjalani perawatan atau isolasi mandiri.

Baca juga:
Pemkot Malang berencana buka rumah isolasi di tiap kecamatan
El Hotel Grande Malang beralih fungsi jadi isotel COVID-19

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021