Ke-35 titik panas tersebut terpantau berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20.
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memantau ada sebanyak 35 titik panas atau hotspot di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara, Kamis (29/7) 2021.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BBMKG Wilayah I Medan di Medan, Kamis, disebutkan ke-35 titik panas tersebut terpantau berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20.

Ke-35 titik panas tersebut terpantau di Kabupaten Humbang Hasundutan sebanyak tiga titik, Karo satu titik, Mandailing Natal dua titik, dan di Kabupaten Padang Lawas dua titik.

Kemudian di Kabupaten Padang Lawas Utara sebanyak enam titik, Samosir 10 titik, Serdang Bedagai satu titik, Sibolga dua titik, dan Tapanuli Selatan tujuh titik.

Sementara terkait cuaca, pada siang hari hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di wilayah Nias, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Simalungun, Karo, Dairi, Deli Serdang, Langkat, Samosir, Toba, Tapanuli Selatan, Madina, Asahan, dan sekitarnya.

Kemudian, pada sore hingga malam hari hujan ringan hingga sedang di wilayah Nias, Simalungun, Karo, Dairi, Deli Serdang, Langkat, Samosir, Toba, Tapanuli Selatan, Pakpak Bharat, Asahan, dan sekitarnya.

Untuk suhu udara berkisar pada 24.0-34.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen, angin berembus dari timur lut menuju barat daya dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Baca juga: BMKG pantau ada 27 titik panas di Sumut

Baca juga: Lapan identifikasi 608 titik panas di seluruh Indonesia

Baca juga: Tujuh titik panas terpantau di Nias Selatan-Sumut, sebut BMKG



 

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021