Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda Slovenia Primoz Roglic melupakan mimpi buruk selama Tour de France dengan merebut medali emas Olimpiade time trial putra Rabu ini.

Pebalap sepeda berusia 31 tahun itu tumbang pada etape time trial yang cukup menentukan dalam Tour de France tahun lalu sehingga jersey kuningnya diambil alih rekan senegaranya Tadej Pogacar, sebelum kecelakaan yang sempat menghancurkan asanya tahun ini.

Baca juga: Roglic meninggalkan Tour de France sebelum etape sembilan

Namun Roglic mengatasi kekecewaan itu dengan meyakinkan di dekat Gunung Fuji guna menuntaskan lintasan sejauh 44,2 kilometer dalam waktu 55 menit 4 detik atau sekitar satu menit di depan pebalap sepeda Belanda Tom Dumoulin.
 
Pebalab sepeda asal Slovenia Primoz Roglic saat beraksi di final Individual Time Trial putra Olimpiade Tokyo 2020 di Fuji International Speedway - Shizuoka, Jepang, 28 Juli 2021  (ANTARA/REUTERS/CHRISTIAN HARTMANN)


Medali perak dengan demikian jatuh ke tangan Dumoulin, yang mengambil cuti empat bulan awal tahun ini untuk melindungi kesehatan mentalnya.

Dumoulin dan Roglic, dua pebalap Jumbo-Visma di sirkuit profesional, berpelukan setelah garis finis di Fuji International Speedway.

Pebalap sepeda Australia Rohan Dennis mengungguli atlet Swiss Stefan Keung untuk merebut medali perunggu.

Slovenia juga memenangkan perunggu dalam road race putra melalui juara Tour de France dua kali Tadej Pogacar, demikian AFP.

Baca juga: Annemiek van Vleuten rebut emas ITT Olimpiade Tokyo
Baca juga: Pebalap Austria Anna Kiesenhofer buat kejutan sabet emas Olimpiade
Baca juga: Pebalap sepeda Ekuador Carapaz rebut emas road race Olimpiade Tokyo

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021