Calon taruna dan taruni yang terpilih adalah calon dengan potensi terbaik, karakter yang kuat, kepribadian yang baik, serta kesamaptaan jasmani yang prima
Jakarta (ANTARA) -
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebutkan TNI tetap konsisten mengutamakan aspek kualitas dalam penyeleksian calon taruna dan taruni.
 
"Calon taruna dan taruni yang terpilih adalah calon dengan potensi terbaik, karakter yang kuat, kepribadian yang baik, serta kesamaptaan jasmani yang prima," kata Panglima TNI saat memimpin sidang Pantukhir terpusat penerimaan Taruna dan Taruni Akademi TNI TA 2021, bertempat di Gedung Lily Rochli, Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Rabu.
 
Panglima TNI yang didampingi Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, mengatakan proses seleksi penerimaan Taruna/Taruni Akademi TNI TA 2021 telah dilaksanakan dengan lengkap dan menyeluruh di tengah pandemi COVID-19 dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.
 
"Pantukhir angkatan juga telah dilaksanakan yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan, seperti Pantukhir Catar Akmil di Akmil Magelang, Catar AAL di Lapetal Malang dan Catar AAU di Lanud Adi Sumarmo Solo," tutur-nya dalam siaran persnya.
 
Marsekal Hadi berharap para calon Taruna/Taruni Akademi TNI yang terpilih nanti adalah putera-puteri terbaik calon Perwira TNI yang berkualitas di masa yang akan datang.

Baca juga: Kasad tegaskan tak ada pungutan dalam penerimaan calon taruna Akmil

Baca juga: 1.200 taruna Akpol-Akademi TNI Latsitarda Nusantara di Sumatera Utara
 
"Saya sangat yakin hasil seleksi tingkat angkatan sudah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dan memberikan kita hasil yang valid, objektif dan berkualitas," ujar mantan Irjen Kementerian Pertahanan ini.
 
Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa calon taruna dan taruni ini nantinya akan mengawaki satuan-satuan TNI dan akan memimpin anggotanya baik di masa aman maupun di masa-masa sulit.
 
"Calon taruna dan taruni ini nantinya akan menghadapi tantangan yang jauh lebih kompleks dari saat ini," ucap-nya.
 
"Mari kita ambil keputusan terbaik dan dapat dipertanggungjawabkan karena yang kita semua putuskan hari ini akan menentukan warna dan kemampuan TNI dalam menghadapi situasi tersebut," tutur-nya.
 
Seperti diketahui, sebanyak 1.171 peserta calon Taruna-Taruni yang mengikuti sidang Pantukhir tersebut, nantinya hanya 779 peserta yang akan dinyatakan lulus sesuai dengan alokasi kebutuhan dalam organisasi TNI.
 
Ada pun rincian-nya TNI AD 449 peserta (semua Taruna), TNI AL 190 peserta (180 Taruna dan 10 Taruni), TNI AU 140 peserta (130 Taruna dan 10 Taruni). Bagi peserta yang dinyatakan lulus, nantinya akan mengikuti pendidikan integratif selama 6 (enam) bulan di Akademi Militer Magelang, yang akan dibuka tanggal 3 Agustus 2021.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021