Kalau ditotal mungkin bisa sekitar ratusan juta rupiah
Jakarta (ANTARA) - Personel Satpol PP DKI Jakarta gadungan berinisial YF yang ditangkap Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP pada Senin diduga telah mengeruk hingga ratusan juta rupiah dari korban.

YF yang dalam menjalankan aksi penipuannya mengaku sebagai Kepala Bidang Pengembangan Satpol PP DKI Jakarta telah merekrut Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

"Kalau ditotal mungkin bisa sekitar ratusan juta rupiah," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin di Balai Kota DKI Jakarta, Senin.

Angka tersebut, kata Arifin, karena bukan hanya satu dua orang yang direkrut pelaku, melainkan puluhan orang dengan jumlah uang perekrutan bervariasi.

Arifin merinci ada sembilan warga yang direkrut sebagai PJLP Satpol PP bohongan dengan mematok harga Rp9-25 juta. Sebanyak lima orang untuk PJLP Dinas Citata dengan dipatok harga Rp7 juta.

Sementara untuk PJLP di Dishub, YF berhasil merekrut delapan orang dengan dipatok harga Rp5 juta. Untuk PJLP Dinas PTSP Yosi berhasil merekrut 14 orang dengan dipatok harga Rp5 juta.

"Dia dibantu bibinya, yakni BA dengan biaya yang dipatok bervariasi, dari Rp5 juta sampai Rp25 juta per orang," ujar Arifin.

Baca juga: Satpol PP gadungan tipu warga jadi pegawai kontrak Pemprov DKI
Baca juga: Langgar PPKM mikro, 47 tempat usaha ditutup sementara


Dari hasil penyelidikan yang dilakukan Satpol PP, pelaku sebelumnya (pada 2017) melakukan penipuan serupa dengan modus menjadi PNS di bagian Protokoler Pemprov DKI dan dengan iming-iming bisa bekerja sebagai PJLP di Pemprov DKI Jakarta para korbannya diminta menyetor uang Rp25 juta. Akhirnya yang bersangkutan ditahan tiga bulan dalam kasus tersebut.

Kejadian tersebut ulah kedua setelah sebelumnya pada 2011, yang bersangkutan melakukan penipuan dengan mengaku sebagai pejabat Brimob (Komandan Kompi 4) dari kepolisian di Palangka Raya. "Ini dia kambuhan," kata Arifin.

Sementara itu, YF mengaku duit hasil penipuan itu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan membeli sejumlah keperluan seperti iPhone 12 terbaru dengan harga sekitar Rp20 juta serta sepeda motor baru. Selain itu, duit hasil penipuannya dikelola untuk membayar gaji para warga yang telah direkrut menjadi anggota PJLP di Pemprov DKI.

"Uangnya digunakan untuk menggaji mereka (PJLP) yang lain," kata YF.

Satpol PP menyebutkan para korban sudah diberikan upah per bulan dengan nominal di bawah UMP dan tidak sesuai kontrak, antara Rp900 ribu (yang belum membayar penuh) hingga Rp3 juta.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021