Beliau memberikan konsep untuk Deklarasi Djuanda, berjuang di PBB untuk pengakuan negara Indonesia
Bandung (ANTARA) - Pengurus Besar Paguyuban Pasundan memberikan Penghargaan Layang Pangajen Bagawan Jati Niskala kepada Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja, SH LLM dalam acara Milangkala Paguyuban Pasundan Ke-108 tahun.

Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja SH LLM adalah seorang akademisi dan diplomat Indonesia serta Menteri Kehakiman dari tahun 1974 sampai 1978 dan Menteri Luar Negeri dari tahun 1978 sampai 1988.

Ketua PB Paguyuban Pasundan, Prof Dr HM Didi Turmudzi di Bandung, Senin, menyampaikan bahwa penghargaan ini diberikan mengingat prestasi dan dedikasi Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja dalam membangun bangsa.

Baca juga: Paramadina kenang Mochtar Kusumaatmaja perumus konsep negara kepulauan

"Beliau memberikan konsep untuk Deklarasi Djuanda, berjuang di PBB untuk pengakuan negara Indonesia dan memiliki ide-ide luar biasa dalam membangun negara ini, sehingga Paguyuban Pasundan memberikan penghargaan ini," kata Didi.

Mochtar lahir di Batavia, 17 Februari 1929 dan meninggal di Jakarta, 6 Juni 2021 pada umur 92 tahun.

Sementara itu, pihak keluarga Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja yang diwakili putrinya Prof Dr Armida Salsiah Alisjahbana menyampaikan terima kasih kepada Paguyuban Pasundan yang telah memberikan penghargaan.

Baca juga: HNW kenang peran Mochtar Kusumaatmaja dalam Deklarasi Djuanda

Baca juga: Wamenlu: pengabdian Mochtar Kusumaatmadja jadi teladan bagi Indonesia


"Terima kasih tak terhingga kepada PB Paguyuban Pasundan atas penghargaan ini. Semoga visi pemikiran dan kontribusi almarhum dalam bidang hukum, diplomasi yang melintasi batas dan jaman akan terus terjaga," katanya.

"Semoga penghargaan ini akan membuka kita semua agar meneruskan perjuangan Pak Mochtar, meneruskan dan mengembangkan karya dan konsep pemikiran Pak Mochtar yang diimplementasikan dalam konsepsi dan Wawasan Nusantara," tambahnya.

Armida pun berharap Paguyuban Pasundan dapat terus berkiprah dan membawa kebaikan untuk kemaslahatan masyarakat.

Baca juga: Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja wafat

Baca juga: Dukung Palestina, Paguyuban Pasundan serukan boikot produk Israel

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021