Jakarta (ANTARA) - WhatsApp merilis chatbot resmi Olimpiade Tokyo untuk mengecek jadwal pertandingan sampai kuis seputar Olimpiade.

"Menggunakan API WhatsApp Business, chatbot akan membagikan jadwal Olimpiade, informasi terkini untuk siaran lokal tentang Olimpiade di seluruh dunia dan berita terbaru sampai perolehan medali," tulis Facebook, perusahaan induk WhatsApp, di situs resmi mereka,  Senin. 

Chatbot Olympics bisa dihubungi di nomor +41 79 807 06 10, akun tersebut sudah terverifikasi sebagai chatbot resmi Olimpiade.

Baca juga: WhatsApp kembangkan fitur kirim video ukuran besar

Pantauan ANTARA, chatbot ini sudah berfungsi dan bisa memberikan informasi dengan mengikuti perintah yang disebutkan.

Untuk pertama kalinya, kirim pesan "Hello" pada chatbot Olympics, yang akan dibalas dengan serangkaian informasi yang disediakan lewat akun tersebut.

Kirim balasan berupa angka untuk kategori yang ingin dilihat, misalnya angka 1 untuk melihat jadwal pertandingan, chatbot Olympics akan memberi tautan ke situs resmi Olimpiade untuk melihat jadwal pertandingan.

Interaksi dengan chatbot Olympics menggunakan bahasa Inggris.

Facebook Inc juga menyediakan hub khusus seputar Olimpiade Tokyo 2021 di jejaring sosial mereka. Hub Olympiade di Facebook juga bisa dicari dengan mengklik tanda pagar #Olympics atau #Tokyo2020.

Di Instagram, terdapat filter augmented reality di Stories dan Reel, pengguna bisa menggunakan filter maskot Olimpiade hingga medali.

Filter ini tersedia di akun Instagram @olympics dan @Tokyo2020.

Baca juga: Pegasus perangkat pengintai pejabat negara via WhatsApp

Baca juga: WhatsApp perkenallkan fitur joinable call untuk panggilan grup

Baca juga: Telemedisin hingga WhatsApp grup bisa bantu pantau pasien isoman

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021