Pemkot Jaktim bangun 100 sumur resapan di setiap kecamatan

Pemkot Jaktim bangun 100 sumur resapan di setiap kecamatan

Petugas Suku Dinas Sumber Daya Alam Jakarta Timur mengecat sejumlah bagian sumur resapan yang dibuat untuk mengantisipasi genangan air di lintasan Jalan DI Panjaitan, Rabu (23/9/2020). ANTARA/HO-Kominfotik Jaktim/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur membangun sebanyak 100 sumur resapan di 10 kecamatan yang ada di wilayah tersebut.

Asisten Perekonomian, Pembangunan.dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur Kusmanto menjelaskan, saat ini target pembangunan sumur resapan di setiap kecamatan itu sudah mencapai 20 persen.

“Ditargetkan untuk wilayah Kecamatan itu baru kurang lebih 20 persen, masih ada waktu hingga akhir bulan November. Mudah-mudahan Kita kebut semua sampai 1.000 titik," kata Kusmanto di Jakarta, Jumat.

Kusmanto menambahkan, efektivitas pembuatan sumur resapan sudah teruji. Salah satunya di Jalan DI Panjaitan dengan 40 titik sumur resapan.

Menurut dia, pembuatan sumur resapan di Jalan DI Panjaitan mampu menyerap air sehingga mencegah terjadinya genangan saat hujan deras ataupun musim hujan di sepanjang jalan tersebut.

Kusmanto juga berharap kolaborasi dari masyarakat dalam mengatasi genangan atau banjir di Jakarta Timur melalui pemeliharaan saluran dan ikut program menabung air dengan sumur resapan.

“Bencana banjir menjadi PR bersama, jadi diharapkan masyarakat juga sadar mau memelihara saluran,dan juga ikut program menabung air,” ujar Kusmanto.
Baca juga: Sepuluh kelurahan Jaktim jadi percontohan penerapan sumur resapan
Baca juga: Jaktim butuh 30 drainase vertikal untuk bebaskan jalan dari genangan
Pewarta : Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021