Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengoptimalkan fungsi pos PPKM di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur dengan membagikan masker serta hand sanitizer guna pencegahan penyebaran COVID-19.

Pelaksana tugas Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi menyatakan bahwa sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat diperlukan.

"Mudah-mudahan pengendalian penyebaran COVID-19 ini dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya," kata Dody dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

kesempatan yang sama, BNPB memberikan bantuan berupa masker dan handsanitizer untuk enam Posko PPKM Kelurahan di Kecamatan Matraman diantaranya, Kelurahan Pisangan Baru, Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kelurahan Utan Kayu Utara, Kelurahan Kayu Manis, Kelurahan Pal Meriam dan Kebon Manggis.

Dengan adanya stok masker di Posko PPKM Kelurahan ini, masyarakat yang tidak memiliki masker dapat mengambil di Posko PPKM sesuai dengan kebutuhan secara gratis, kata dia.

Masing-masing kelurahan tersebut akan mendapatkan bantuan sebanyak 10.000 Masker dan 10 jeriken hand sanitizer. Sehingga total bantuan yang diberikan di enam kelurahan di kecamatan Matraman sebanyak 60.000 masker dan 60 jeriken hand sanitizer.

Penyerahan bantuan ini langsung diberikan secara simbolis oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi kepada Wakil Walikota Jakarta Timur Hendra Hidayat di lapangan kantor Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat mengapresiasi kunjungan serta bantuan BNPB kepada masyarakat wilayah Matraman.

Baca juga: BNPB dorong lembaga usaha dan komunitas sediakan tempat isoman

Baca juga: Kasatgas COVID-19: Pelibatan dunia usaha wujud kolaborasi pentaheliks


"Insyaallah, bantuan ini menjadi berkah," ujar Hendra.

Dalam hal ini, TNI,POLRI, Pemerintah Pusat dan Daerah sudah berupaya maksimal memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat khususnya wilayah warga Kecamatan Matraman.

"Oleh sebab itu, saya berharap, mudah mudahan Allah memberikan kelancaran dan kemudahan kepada kita semua, dalam melaksanakan tugas menangani penyebaran COVID-19 ini dan memberikan hati yang lapang kepada masyarakat untuk turut membantu tugas Pemerintah karena tanpa dukungan, pengertian dan kesadaran masyarakat itu sendiri, saya rasa akan sulit," ujar Hendra.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama multi pihak guna mengantisipasi lonjakan penyebaran virus COVID-19.

Penyerahan bantuan ini langsung diberikan secara simbolis oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi kepada Wakil Walikota Jakarta Timur Hendra Hidayat di lapangan kantor Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Baca juga: BNPB bantu Kota Bogor 20 unit Oxygen Concentrator

Baca juga: Kepala BNPB sebut laju penularan COVID-19 terjadi di tingkat keluarga

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021