Brimob Polda Sultra gelar vaksinasi massal

Brimob Polda Sultra gelar vaksinasi massal

Seorang anak usia dini mengikuti program penyuntikan vaksinasi COVID-19 di Mako Satuan Brimob Polda Sultra, Kamis (22/7/2021) ANTARA/Harianto

Kendari (ANTARA) - Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara menggelar vaksinasi COVID-19 secara massal bagi masyarakat guna memutus mata rantai virus corona.

Wakil Komandan Satuan (Wadansat) Brimob Polda Sultra AKBP Alfred Ramses Sianipar di Kendari, Kamis, mengatakan vaksinasi dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam percepatan vaksinasi.

"Saat ini kita lakukan vaksinasi terhadap masyarakat di Mako Sat Brimob Polda Sultra. Ini mendukung pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat," kata Wadansat.

Baca juga: PWNU Jakarta gelar vaksinasi massal 3.000 dosis

Ia menyampaikan, sebelum pelaksanaan vaksin bagi masyarakat, vaksinasi dilakukan berlebih dahulu bagi internal Sat Brimob Pilda Sultra dan Bhayangkari.

Ratusan masyarakat antusias mengikuti program vaksinasi di Mako Sat Brimob Polda Sultra. Bahkan terlihat warga berdatangan sebelum jadwal pelaksanaan vaksin pukul 08:00 WITA yang berlangsung hingga pukul 11.00 WITA.

Bahkan terlihat anak usia dini juga mengikuti program vaksinasi yang dilaksanakan Sat Brimob Polda Sultra, sebagai upaya membentuk imun tubuh dari COVID-19.

Baca juga: Bamsoet: Gandeng klinik swasta dan dokter praktik percepat vaksinasi

"Kita sangat senang sekali masyarakat banyak yang datang untuk divaksin karena masyarakat sudah mengerti dan juga sadar untuk kesehatannya masing-masing," ujarnya.

Vaksinasi dilakukan Sat Brimob Polda Sultra selama empat hari Mulai 21-24 Juli 2021 dengan target 200 orang per hari. Namun pada 21-23 Juli vaksinasi dikhususkan bagi dosis satu, sementara pada 24 Juli diprioritaskan penyuntikan dosis kedua. Vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat yakni jenis sinovac.

 
Seorang warga Kota Kendari mengikuti program penyuntikan vaksinasi COVID-19 di Mako Satuan Brimob Polda Sultra, Kamis (22/7/2021). (ANTARA/Harianto)


Ramses menyampaikan, setelah mendapat suntikan vaksinasi dosis satu maka penyuntikan dosis kedua dapat dilakukan di tempat yang sama atau di Puskesmas milik Pemerintah Kota Kendari, dan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sultra pada 19 Agustus 2021 mendatang dengan syarat menunjukan kartu kuning bahwa telah menerima penyuntikan dosis satu.

Baca juga: Kolaborasi vaksin GMNI-Polri tembus seribu dosis per hari

Meski telah mendapatkan suntikan vaksin, Ramses mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Bukan berarti kita sudah divaksin langsung lengah, teledor tidak melakukan protokol kesehatan, maka kita menghimbau untuk tetap menanti protokol kesehatan demi kesehatan kita semua, pribadi, keluarga dan masyarakat pada umumnya," tegas Wadansat Brimob Polda Sultra AKBP Alfred Ramses Sianipar.
 
Pewarta : Muhammad Harianto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021