Jakarta (ANTARA) - Berita mengenai alokasi anggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa hingga Bali masuk deretan berita kemarin yang terpopuler di kanal ekonomi Antaranews.com pada Rabu (21/7/2021).

Selain itu, ada pula berita tentang kenaikan nilai tukar dolar Amerika Serikat yang dipicu sentimen kekhawatiran investor terhadap varian baru Virus Corona, serta alasan perubahan nama PPKM Darurat menjadi PPKM level I hingga IV.

Berikut lima berita ekonomi terpopuler selengkapnya:


1. Anggaran PPKM

Pemerintah menyiapkan alokasi anggaran sebesar Rp55,21 triliun dalam rangka perpanjangan PPKM level empat di Pulau Jawa hingga Bali dan di 15 kabupaten/kota di luar Jawa Bali.

Anggaran tersebut digunakan untuk kartu sembako, diskon listrik, subsidi kuota internet, kartu prakerja, bantuan bulog, serta kartu sembako PPKM. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan insentif Rp1,2 juta untuk satu juta pelaku usaha mikro yakni warung dan pedagang kaki lima.

Baca selengkapnya di sini.


2. Stimulus kartu sembako

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menambah anggaran kartu sembako sebesar Rp7,52 triliun untuk 18,8 juta keluarga sehingga total anggaran kartu sembako menjadi Rp49,89 triliun.

Penambahan ini sejalan dengan kebijakan pemerintah memperpanjang pemberian dana kartu sembako menjadi 14 bulan kali pembayaran, dari sebelumnya 12 bulan.

Baca selengkapnya di sini.


3. IHSG menguat

Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu sore ditutup menguat, seiring sikap antisipatif investor terhadap data ekonomi Amerika Serikat (AS).

Perumahan baru Amerika mengalami kenaikan 6,3 persen secara bulanan ke 1,643 juta pada Juni, tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Sementara itu, izin mendirikan bangunan turun 5,1 persen menjadi 1,598 juta. Penurunan tersebut terjadi tiga kali berturut-turut dan berada di bawah ekspektasi pasar sebesar 1,7 juta.

Baca selengkapnya di sini.


4. Dolar AS naik

Dolar AS naik ke level tertinggi tiga bulan terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), terangkat upaya pelarian ke aset-aset yang lebih aman, karena investor tetap cemas tentang varian virus corona yang menyebar cepat yang dapat menghambat pertumbuhan global.

Baca selengkapnya di sini.


5. PPKM Darurat ganti nama

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa penggantian nama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat menjadi PPKM level IV atas usulan gubernur.

Perubahan nama tersebut, lanjutnya, juga berasal dari publik yang meminta kejelasan mengenai kapan PPKM memasuki level I hingga IV.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021