Jayapura (ANTARA) - Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Papua Benhur Tomi Mano menyatakan pihaknya menargetkan tim sepak bola putra dan putri mampu merebut medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada 2-15 Oktober.
 
"Memang benar, kami menargetkan emas. Mudah-mudahan tim bisa sampai final dan bertanding di Stadion Papua Bangkit, " kata pria yang akrab dipanggil BTM kepada ANTARA di Jayapura, Rabu.
 
Diakui, target untuk tim sepak bola pria memang cukup berat mengingat dari beberapa kali uji coba hasilnya belum memuaskan. Untuk itu pihaknya mendorong tim sepak bola terus meningkat kemampuan dengan memperbanyak uji tanding.

"Dari laporan yang kami terima, hasil uji tanding memang belum memuaskan. Masih ada waktu, harus ditingkatkan lagi," kata BTM menambahkan.

Baca juga: PSSI tetapkan sepak bola PON Papua tanpa pemain profesional
Baca juga: PSSI proyeksikan pemain PON untuk SEA Games 2021


Meski didorong banyak uji coba, pria yang juga menjabat sebagai Walikota Jayapura berharap para pemain dan tim pendukung tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) mengingat saat ini kasus COVID-19 terus meningkat diberbagai daerah di Indonesia.
 
"Seluruh tim harus tetap menjaga kondisi dan mematuhi prokes agar tidak terpapar. Apalagi tim menjalani pelatihan di luar kota," kata BTM menegaskan.

Tim sepak bola Papua untuk PON XX saat ini menjalani pemusatan latihan di Makassar, Sulawesi Selatan dan telah menjalani beberapa pertandingan uji coba. Sesuai jadwal tim baru akan kembali ke Jayapura pada September nanti.

Sebagai tuan rumah, tim sepak bola Papua jelas menjadi unggulan. Apalagi Papua dikenal dengan gudangnya pemain-pemain potensial.

Baca juga: Lerby: PON batu loncatan pemain menuju profesional
Baca juga: Fakhri Husaini mulai latih tim sepak bola PON Aceh
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021