Jakarta (ANTARA) - Arsenal sukses merekrut gelandang tim nasional (timnas) Belgia U-21 Albert Sambi Lokonga dari Anderlecht dengan kontrak jangka panjang, ungkap klub Liga Premier Inggris itu pada Senin.

The Gunners tidak memberi tahu tentang biaya transfer sang pemain, tetapi media Inggris melaporkan bahwa kesepakatannya bernilai awal 15 juta poundsterling (sekitar Rp298 miliar) untuk pemain berusia 21 tahun itu.

Lokonga melakukan debut seniornya untuk Anderlecht pada 2017 setelah lulus dari akademi muda klub dan mulai sering mendapatkan waktu bermain di musim 2019-20 dengan 26 penampilan di semua kompetisi.

Baca juga: Arsenal siapkan Rp680 miliar untuk tebus Locatelli dari Sassuolo 

Ia membuktikan dirinya sebagai pemain reguler di bawah pelatih Vincent Kompany musim lalu dan tampil 37 kali di semua kompetisi, juga menyumbang tiga gol dan tiga assist.

"Albert adalah pemain yang sangat cerdas yang telah menunjukkan kedewasaan luar biasa dalam penampilannya selama perkembangannya," kata pelatih Arsenal Mikel Arteta dalam situs resmi klub yang dikutip Reuters pada Senin.

"Saya mengenal Vincent (Kompany) dengan sangat baik, dan ia sangat memuji Albert dan dampak positif yang ia berikan kepada Anderlecht dalam beberapa musim terakhir."

"Kami yakin Albert siap untuk tahap selanjutnya dalam perkembangannya, dan kami menantikan untuk menyambut anggota baru ke dalam skuad kami," ujar Arteta. 

Baca juga: Arsenal bersiap datangkan Ben White dari Brighton 
Baca juga: Arsenal pinjamkan William Saliba ke Marseille 


Lokonga telah bermain tujuh kali di level U-21 untuk timnas Belgia dan menerima panggilan ke tim senior Roberto Martinez pada Maret, tetapi ia menjadi pemain pengganti yang tidak digunakan.

Ia adalah rekrutan kedua Arsenal pada musim panas setelah kedatangan bek Nuno Tavares dari Benfica bulan ini.

Arsenal finis posisi kedelapan di Liga Premier Inggris musim lalu dan akan memulai musim 2021-22 mereka lawan tim promosi, Brentford pada 14 Agustus. 

Baca juga: Arsenal resmi dapatkan bek tengah muda Nuno Tavares dari Benfica 
Baca juga: Liga Premier Inggris musim ini dimulai 13 Agustus 

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021