Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meminta aparatur sipil negara (ASN) untuk peduli dengan lingkungan sekitar terutama pada masa pandemi COVID-19.

Tjahjo Kumolo dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan ASN harus ikut memperhatikan bagaimana pelaksanaan arahan presiden di lingkungan terdekatnya.

“ASN menjadi mata dan telinga masyarakat sekaligus mata dan telinga pemerintah agar arahan presiden terlaksana dengan baik. Presiden telah menginstruksikan terkait bansos dan obat gratis untuk penderita COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri,” katanya.

Baca juga: Kemenpan RB percepat wujudkan Zona Integritas di bandara dan pelabuhan

ASN diminta untuk memberikan dukungan penuh terhadap suksesnya program vaksinasi COVID-19, ujar dia.

“Kita ikut memberikan informasi dan mengusahakan yang terbaik terkait vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat dan keluarga kita yang membutuhkan,” kata dia.

Tjahjo mengajak ASN untuk berperan aktif menjalankan kebijakan dan program untuk mempercepat penanganan pandemi COVID-19.

Baca juga: Tjahjo Kumolo minta penggunaan kendaraan dan pakaian dinas diawasi

“ASN harus taat pada instruksi presiden dan pejabat pembina kepegawaian (PPK) masing-masing. Apabila diberikan tugas pimpinan agar dilaksanakan dengan cepat,” ucapnya.

ASN sebagai penyelenggara negara, katanya, wajib memberi contoh bagi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, tetap produktif, dan mendukung seluruh upaya pemerintah. Menpan mengatakan bahwa perlu kesadaran seluruh bangsa Indonesia untuk memerangi pandemi COVID-19.

Baca juga: Menteri Tjahjo imbau ASN proaktif percepat penanganan pandemi

“Bersama-sama kita gotong royong dengan TNI, Polri, dan Satpol PP untuk menggerakkan dan mengorganisasi masyarakat agar taat menjalankan protokol kesehatan dan menyukseskan vaksinasi,” ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021