Perusahaan Taiwan sumbang konsentrator oksigen untuk Indonesia

Perusahaan Taiwan sumbang konsentrator oksigen untuk Indonesia

Perusahaan Taiwan, PT Meiloon Industrial, menyumbangkan konsentrator oksigen untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. (ANTARA/HO-PT Meiloon Industrial)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Taiwan yang beroperasi di Jawa Barat, PT Meiloon Industrial, akan menyumbangkan 110 konsentrator oksigen bagi Indonesia yang tengah menghadapi lonjakan kasus COVID-19.

Bantuan yang direncanakan tiba di Indonesia pada 20 Juli mendatang itu akan menambah dukungan dari otoritas Taiwan yang sebelumnya telah mengirimkan 200 konsentrator oksigen pada 12 Juli 2021.

Kepala Kantor Perwakilan Taiwan di Indonesia (TETO) John Chen dalam keterangan tertulisnya, Jumat, mengatakan bahwa Taiwan dan Indonesia memiliki hubungan persahabatan yang erat. Otoritas Taiwan dan semua lapisan masyarakatnya sangat prihatin dengan perkembangan pandemi di Indonesia.

Mengenai sumbangan konsentrator oksigen dari PT Meiloon Industrial, Chen menyatakan rasa hormat yang sebesar-besarnya dan menginstruksikan rekan-rekan TETO untuk memberikan bantuan yang diperlukan.

Wu Wei-Chung, chairman Meiloon Industrial, secara khusus menghubungi Dubes John Chen dan mengatakan bahwa 10 konsentrator oksigen yang tersisa di pabrik Meiloon di Kabupaten Subang juga bisa dipinjamkan ke pengusaha Taiwan disekitarnya apabila dibutuhkan.

Menurut laporan kantor berita Central News Agency (CNA) Taiwan, PT Meiloon Industrial berharap sumbangan konsentrator oksigen dapat memberikan manfaat dalam pencegahan pandemi di Indonesia.

Meiloon menyatakan 70 dari 110 konsentrator oksigen itu akan disumbangkan ke Kementerian Kesehatan RI, sementara 30 lainnya akan disumbangkan ke pemerintah Kabupaten Subang, dan 10 sisanya akan diberikan untuk digunakan oleh karyawan Meiloon di Kabupaten Subang.

Mengingat jumlah orang yang terjangkit COVID-19 di Indonesia setiap hari telah melebihi 50.000 kasus, sektor publik dan swasta Taiwan memiliki semangat memerangi pandemi di lintas negara.

Dengan jumlah lonjakan kasus pasien terkonfirmasi harian di Indonesia telah berulang kali mencapai titik tertinggi, permintaan kebutuhan berbagai sarana pencegahan pandemi dan sumber daya medis juga semakin tinggi.

Diharapkan konsentrator oksigen dan peralatan pencegahan pandemi lainnya yang disumbangkan oleh sektor publik dan swasta Taiwan dapat membantu Indonesia memerangi pandemi, demikian pernyataan TETO.

Baca juga: Taiwan sumbangkan masker medis untuk Indonesia
Baca juga: Taiwan akan kirimkan bantuan COVID ke India akhir pekan ini
Baca juga: Kebutuhan oksigen Indonesia naik lima kali lipat jadi 2.000 ton/hari

Pewarta : Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021