Beijing (ANTARA) - Saham Hong Kong berakhir lebih tinggi pada hari Jumat menandai kenaikan mingguan atas harapan dukungan kebijakan dan setelah laporan media yang menyebutkan perusahaan yang go public di kota itu akan dibebaskan dari pengawasan keamanan siber.

Pada penutupan perdagangan, Indeks Hang Seng naik 8,41 poin atau 0,03 persen ke 28.004,68. Indeks Hang Seng China Enterprises (HSCE) turun 0,21 persen menjadi 10.152,95.

Untuk minggu ini, Hang Seng naik 2,41 persen.

Indeks acuan menghapus kerugian sebelumnya di sesi sore, setelah laporan media mengatakan China berencana untuk mengecualikan perusahaan yang go public di Hong Kong dari pengawasan oleh regulator keamanan siber negara itu, menghilangkan satu rintangan bagi bisnis yang terdaftar di pusat keuangan Asia tersebut, bukan AS.

Baca juga: Saham China bukukan kenaikan mingguan, didukung kebijakan bank sentral

Saham Hong Kong Exchanges and Clearing sempat naik sebanyak 5,1 persen sebelum berakhir 3,76 persen lebih tinggi, menyentuh level tertinggi sejak 24 Februari.

Sub-indeks keuangan Hang Seng berakhir 0,35 persen lebih tinggi, dan sektor TI naik 0,01 persen.

Yang menguat teratas di Hang Seng pada hari Jumat adalah Xiaomi Corp, yang naik 4,82 persen, sedangkan pecundang terbesar adalah Shenzhou International Group Holdings Ltd, yang turun 4,85 persen.

Sentimen juga didukung oleh data aktivitas Juni China yang lebih baik dari perkiraan yang diungkapkan pada hari Kamis.

Indeks utama bursa China, Komposit Shanghai ditutup turun 0,71 persen pada 3.539,30 poin, sedangkan indeks saham unggulan CSI300 berakhir turun 1,1 persen.

Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang melemah 0,37 persen, sementara Indeks Nikkei Jepang ditutup turun 0,98 persen.

Baca juga: Saham Eropa naik pada akhir pekan, terkerek "rebound" saham perjalanan

Baca juga: Saham Inggris akhir pekan naik, ditopang pembukaan kembali ekonomi


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021