Jakarta (ANTARA) - Selama pemberlakuan masa PPKM Darurat Jawa-Bali hingga 20 Juli mendatang, menjadikan banyak kendaraan yang hanya terparkir di dalam garasi. Meski begitu, bukan menjadi alasan bagi pemilik untuk malas merawat mobil agar prima saat dikendarai nantinya.

Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales Hariadi mengungkapkan bahwa meskipun tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, mobil tetap memerlukan perhatian dan perawatan dari pemiliknya.

"Beberapa metode dapat dilakukan oleh pemilik mobil saat di rumah, dengan tujuan mengisi waktu melalui kegiatan positif, sekaligus bermanfaat bagi penampilan dan kesehatan kondisi mobil itu sendiri," ungkap Hariadi dalam keterangan resminya, Jumat.

Berikut 9 tips yang dapat dilakukan untuk merawat mobil dengan mudah di rumah:

Baca juga: Tips aman isi freon AC mobil di rumah

1. Memanaskan mesin secara teratur

Mobil memiliki banyak komponen yang bagiannya harus selalu terlumasi dengan baik, terutama bagian mesin. Oleh karena itu, memanaskan mesin mobil perlu dilakukan secara rutin satu kali selama rentang beberapa hari.

"Kegiatan ini juga dapat dilakukan sambil memastikan keadaan lain pada mobil, baik seperti suara maupun getaran yang ditimbulkan tidak terdeteksi kejanggalan dari kondisi normal," jelas dia,

2. Periksa kebersihan area ruang mesin

Meskipun sudah dilengkapi kap mesin sebagai bagian pelindung area ruang mesin, namun sering kali bisa kita dapati adanya kotoran atau benda asing yang masuk ke dalamnya, seperti daun kering, kotoran hewan, maupun sampah lain.

Kondisi yang kotor seperti itu lambat laun akan mempengaruhi kinerja dan keamanan ruang mesin. Maka, sebaiknya tidak lupa memeriksa keadaan sekitar area ruang mesin dan membersihkannya jika perlu.

Baca juga: Tips memilih aksesoris pada kendaraan

Baca juga: Kenali 16 tanda lampu indikator yang ada pada kendaraan
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021