Jakarta (ANTARA) - Tadej Pogacar di ambang mempertahankan gelar Tour de France ketika Kamis ini kembali mencatat kemenangan penting dengan menjuarai etape ke-18 sejauh 129,7 km berupa rute pegunungan dari Pau sampai Luz Ardiden.

Akselarasi brutal pebalap Slovenia ini pada 500 meter menjelang finis di puncak Luz Ardiden, tak bisa diimbangi oleh dua lawannya Jonas Vingegaard dari Denmark dan Richard Carapaz dari Ekuador yang finis dua detik di belakangnya untuk masing-masing menduduki urutan kedua dan ketiga.

Secara keseluruhan, Pogacar kini mencatat keunggulan sangat besar lima menit 45 detik di depan Vingegaard, sedangkan Carapaz menempati urutan ketiga klasemen umum yang terpaut enam detik di belakang Vingegaard.

Baca juga: Pogacar pegang kendali juarai etape 17, perlebar jarak di klasemen

Pebalap sepeda Kolombia Rigoberto Uran, yang mengawali etape ini dengan bekal posisi keempat dalam klasemen umum, tercecer pada pendakian kedua dari belakang menuju Col du Tourmalet untuk keluar dari 10 besar.

Pebalap sepeda Australia Ben O'Connor kini menyalip ke urutan keempat dengan terpaut 8 menit 18 detik, dua hari sebelum etape terakhir individual time trial Sabtu lusa, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Tim Bahrain Victorious diselidiki karena doping
Baca juga: Cavendish samai rekor Merckx dengan 34 kemenangan etape Tour de France
Baca juga: Pogacar tunjukkan kelemahan awal saat Van Aert klaim etape 11
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021