Mendikbudristek sebut pandemi buat tantangan pendidikan semakin berat

Mendikbudristek sebut pandemi buat tantangan pendidikan semakin berat

Tangkapan layar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam webinar yang dipantau di Jakarta, Rabu (14/7). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan pandemi COVID-19 membuat tantangan pendidikan di Tanah Air semakin berat.

“Pastinya ini merupakan tantangan terbesar di dalam hidup saya. Udah jelas. Apalagi pendidikan merupakan suatu tantangan yang luar biasa beratnya, ditambah lagi dengan pandemi COVID-19. Sehingga ada elemen krisis,” ujar Nadiem dalam webinar yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Nadiem Makarim: Teknologi bukan hanya untuk menunjang PJJ

Dia menambahkan meski saat dirinya di swasta, krisis merupakan bukan hal yang baru tetapi krisis dalam bisnis dan ketertinggalan di berbagai bidang merupakan hal yang berbeda.

“Alhamdulillah, saya punya tim yang luar biasa, keluarga yang luar biasa mendukung. Sehingga saya kokoh saat badai bertiup, badai ini cukup lama. Motivasi saya, kerjakan apa yang bisa dikerjakan tanpa harus melihat ke belakang. Saya filsafatnya lihat ke depan saja, kerjakan yang terbaik,” terang dia.

Baca juga: Nadiem: Pandemi dorong guru ke luar dari zona nyaman

Dia menambahkan meski pandemi COVID_19 bukan berarti tidak ada inovasi yang bisa dilakukan. Inovasi-inovasi dalam kebijakan pemerintahan harus tetap dilakukan meski saat pandemi COVID-19.

“Mau pandemi atau tidak, perubahan harus terus terjadi. Ini keputusan yang berat, tapi harus dijalani. Keseimbangan antara kesehatan dan masa depan generasi harus dijaga juga,” kata dia lagi.

Media sains dan edukasi Kok Bisa, didukung oleh YouTube Learning, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi serta didukung oleh berbagai organisasi pendidikan lainnya.

Baca juga: Legislator sebut belum ada data pendidikan terbaru akibat pandemi

Inisiatif itu dilakukan dengan format baru, materi ajar yang terfokus, serta kerja sama strategis dengan beragam instansi pendidikan untuk memperluas jangkauan program.

Akademi Edukreator digelar untuk menginspirasi dan melatih pembuat konten, guru, dan profesional di Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk menciptakan konten video edukasi berkualitas tinggi secara gratis.

Baca juga: Kemendikbudristek apresiasi sekolah lakukan vaksinasi pada siswa

Pewarta : Indriani
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021