Jakarta (ANTARA) - Dukungan untuk lebih memperhatikan kesehatan mental mencuat setelah beberapa pemain tim nasional Inggris, Bukayo Saka, Jadon Sancho dan Marcus Rashford, menjadi sasaran rasisme di media sosial usai gagal mengeksekusi penalti pada final Piala Eropa 2020.

Bersama perdana menteri Inggris, Menteri Dalam Negeri Priti Patel, Menteri Kebudayaan Oliver Dowden, serta Duke of Cambridge yang merupakan presiden FA, mereka bersama-sama mengeluarkan pernyataan yang mengecam rasisme tersebut.

Dilansir dari Independent, Rabu, menurut badan konseling Sporting Chance pada September 2020, sebesar 10 persen (464 anggota) Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA) mengakses layanan konseling.

Baca juga: Waspadai gejala gangguan kesehatan mental pada anak akibat pandemi

Dari mereka yang mencari dukungan, 42 persen adalah pemain saat ini, sementara 55 persen adalah mantan pemain dan 2 persen adalah anggota keluarga yang telah diberi akses ke layanan tersebut.

Laporan tersebut mengikuti satu pada tahun 2019 yang menemukan rekor jumlah pesepakbola yang mencari dukungan kesehatan mental. Kondisi ini membuat beberapa orang menggambarkan masalah ini sebagai "epidemi".

Kesejahteraan mental pemain sepak bola profesional di liga Inggris sebagian besar dipantau dan didukung oleh departemen kesejahteraan PFA Charity, yang mengoperasikan saluran bantuan 24/7 yang tersedia untuk semua pemain.

Perusahaan juga menjalankan lokakarya kesehatan mental, menawarkannya kepada semua klub sehingga mereka dapat menilai dan mendukung pemain secara diam-diam. Di situs web organisasi, itu menjelaskan pentingnya masalah ini dan mengapa masalah kesehatan mental dapat terjadi di antara pemain sepak bola profesional.

“Harapan dan tekanan yang tinggi untuk tampil adalah bagian tak terpisahkan dari bermain sepak bola profesional, dan lingkungan yang intens dapat dengan mudah menyebabkan kesehatan mental yang buruk,” tulis pernyataan itu.

“Ditambah dengan kemungkinan karir bermain yang singkat, tidak mengherankan jika para pesepakbola menghadapi serangkaian tantangan unik yang mungkin sulit dipahami oleh siapa pun di luar permainan.”

Masalah lain yang diuraikan secara rinci di situs web meliputi kecemasan kinerja, stres atas kontrak kerja, dan kemarahan menjelang masa pensiun.

Semua orang yang mencari dukungan kesehatan mental didorong untuk menghubungi PFA, baik melalui telepon atau email, dan kemudian mereka akan diarahkan ke dukungan apa pun yang dianggap cocok untuk mereka.

Biasanya, PFA dapat menawarkan sesi konseling atau rehabilitasi perumahan, yang juga dapat mendukung masalah kecanduan atau perilaku. PFA menjelaskan bahwa Sporting Chance “mengambil pendekatan holistik untuk pemulihan, mengakui kebutuhan untuk merawat pikiran dan jiwa serta tubuh”.

Ia menambahkan: staf berpengalaman mampu memahami masalah spesifik yang ditimbulkan dari olahraga populer.

“Mereka menggunakan pengetahuan itu untuk memberikan panduan ahli kepada pemain yang membutuhkan bantuan dalam suasana damai, empati, dan anonimitas yang tidak menghakimi.”

Baca juga: Pentingnya "selftalk" untuk jaga kesehatan fisik & mental saat pandemi

Baca juga: Orangtua boleh curhat, tapi jangan jadikan anak "tong sampah"

Baca juga: Gangguan mental saat pandemi bisa dorong anak sakiti diri sendiri


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021