Bareng puskesmas, Satgas TNI bantu layanan posyandu warga perbatasan

Bareng puskesmas, Satgas TNI bantu layanan posyandu warga perbatasan

Personel Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista membantu menimbang bayi pada pelayanan posyandu warga Kampung Iwur di Kabupaten Pengunungan Bintang, Provinsi Papua, wilayah perbatasan RI dengan Papua Nugini. (FOTO ANTARA/HO-Pendam XVII/Cenderawasih)

Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-Papua Nugini (PNG) Yonif 403/Wirasada Pratista besama Puskesmas Iwur mengadakan bakti kesehatan pos pelayanan terpadu (posyandu) dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan balita di Kampung Iwur, Distrik Iwur, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua,

"Kesehatan anak balita menjadi kepedulian utama bagi pemerintah mendapat penanganan sebagai generasi penerus bangsa Indonesia," kata Komandan Sathas Pamtas RI-PNG Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol (Inf) Ade Pribadi Siregar dalam keterangan yang diterima ANTARA, Senin, di Jayapura.

Ia mengatakan kesehatan balita menjadi kepedulian utama bagi pemerintah untuk mendapat penanganan.

"Sehingga dibutuhkan perhatian khusus bagi balita agar kesehatan mereka dapat terjamin, yang dilakukan dengan memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan anak dalam bentuk pencegahan penyakit, pengobatan penyakit, dan pemulihan kesehatan ibu dan anak," katanya.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan personel Satgas TNI Yonif 403 mendukung program pemerintah itu, menurut Ade Pribadi Siregar, yakni dengan memberikan perhatian khusus pada balita melalui program posyandu bagi ibu hamil dan balita yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG.

Di tempat terpisah, Danpos Iwur Satgas Pamtas Yonif 403/WP Letda (Inf) Mulyanto mengatakan posyandu memiliki peran sangat penting mampu membantu mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Posyandu juga memberdayakan para ibu untuk dapat memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan anak dan pola konsumsi keluarga," katanya.

Dalam kegiatan posyandu di Puskesmas Iwur pihaknya telah menyiapkan vitamin dan suplemen penambah darah bagi sang ibu, kemudian untuk anak diberikan vitamin A serta imunisasi DPT.

"Pada kegiatan ini kami menurunkan lima personel kesehatan untuk membantu dalam pelaksanaannya. Semoga dengan kehadiran Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista dalam kegiatan posyandu ini juga sekaligus dapat mempererat hubungan TNI dengan masyarakat perbatasan,” tambah Mulyanto.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Iwur Kanisius Makesang (48) mengatakan, kehadiran personel tim kesehatan TNI Pos Iwur Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista sangat membantu sekali dalam kegiatan posyandu ini.

Diakuinya karena masih kurangnya tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Iwur sehingga bantuan tenaga kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 403 sangat menyentuh kebutuhan warga.

"Kegiatan posyandu ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan," katanya.

Pihaknya mengapresiasi hadirnya TNI yang turut mendukung dan membantu pelaksanaan kegiatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada satgas TNI yang telah mendukung pelayanan Posyandu kampung Iwur Kabupaten Pegunungan Bintang,"katanya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan posyandu dapat semakin meningkatkan kesehatan bagi balita dan ibu-ibu hamil di Kampung Iwur kabupaten Pengunungan Bintang, demikian Kanisius Makesang.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-PNG berikan pelayanan kesehatan di Kampung Okyako

Baca juga: Aksi teritorial inovatif digelar bagi pelajar di Pegunungan Bintang

Baca juga: Penyuluhan kesehatan digelar satgas pamtas perbatasan di Papua


 
Pewarta : Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021