Jakarta (ANTARA) - Bauke Mollema menuntaskan serangan solo nan berani untuk merengkuh kemenangan keduanya dalam Tour de France dalam 11 kali keikut-sertaannya dengan menjuarai Etape ke-14 yang menempuh jarak 183,7 km dari Carcassonne, Sabtu.

Pebalap sepeda Austria Patrick Konrad menduduki urutan kedua, sedangkan pebalap sepeda Kolombia Sergio Higuita menempati urutan ketiga yang keduanya terpaut satu menit empat detik.

Tadej Pogacar dari Slovenia tetap mengenakan jersey kuning sebagai pemimpin klasemen umum pada akhir hari yang panas di barat daya Prancis di jalan-jalan penuh tanjakan pendek tetapi brutal itu.

"Saya sudah tahu saya memiliki peluang bagus guna mencapai akhir, saya memacu diri dan begitu saya melihat saya punya waktu satu menit di puncak pendakian terakhir, saya tahu selesai sudah," kata Mollema yang melesat memisahkan diri dari kelompoknya pada turunan ketika jarak tersisa 42 kilometer lagi.

Ini adalah kemenangan besar keempat pebalap tim Trek-Segafredo ini setelah menjuarai Grio di Lombardia 'Monument' pada 2019 dan Clasica San Sebastian pada 2016.

Pebalap sepeda berusia 34 tahun itu mengaku belajar dari kesalahannya di Giro d'Italia awal tahun ini.

Namun, ada satu perubahan besar dalam klasemen umum ketika Guillaume Martin dari Prancis melompat dari posisi kesembilan ke urutan kedua setelah ambil bagian dalam breakaway hari itu.

Pogacar mengungguli Martin dengan selisih 4 menit 4 detik, sedangkan terhadap Rigoberto Uran dari Kolombia yang menduduki urutan ketiga terpaut 5 menit 18 detik lebih cepat.

Baca juga: Tadej Pogacar pertahankan jersey kuning, Ben O'Connor juarai Etape 9

Pebalap sepeda Kanada Michael Woods merebut jersey polka-dot untuk kategori pegunungan meskipun mengalami kecelakaan setelah pertarungan dua pebalap di atas tanjakan melawan Wout Poels dari Belanda.

"Saya orang Kanada pertama yang mengenakan jersey ini dan saya bangga akan hal itu," kata Woods seperti dikutip Reuters.

Etape ke-15 esok Minggu adalah perjalanan melintasi pegunungan sejauh 191,3 km ke Andorra saat balapan mencapai titik tertingginya di Port d'Envalira yang berada 2.408 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: Cavendish samai rekor Merckx dengan 34 kemenangan etape Tour de France
Baca juga: Politt juarai etape ke-12 Tour de France, Pogacar tetap jersey kuning
Baca juga: Roglic meninggalkan Tour de France sebelum etape sembilan

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021