Bupati Kediri ungkap pesan KH Zainuddin agar jaga kemaslahatan umat

Bupati Kediri ungkap pesan KH Zainuddin agar jaga kemaslahatan umat

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dengan pengasuh Pondok Pesantren Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, KH Zainuddin Djazuli semasa hidup. ANTARA/HO-Kominfo Kabuapten Kediri/aa.

Kediri (ANTARA) - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengungkapkan pesan yang pernah diterimanya dari pengasuh Pondok Pesantren Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, KH Zainuddin Djazuli semasa hidup, yang terus dipegangnya hingga kini.

Mas Bup, sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa dirinya diminta untuk selalu mengutamakan kemaslahatan warga Kabupaten Kediri.

"Beliau seorang kiai yang tidak punya kepentingan apapun. Orang yang memperjuangkan keberlangsungan budaya pondok pesantren tetap ada di Tanah Jawa. Insya Allah almarhum husnul khatimah," katanya di Kediri, Sabtu.

Baca juga: Pengasuh PP Ploso Kediri KH Zainuddin Djazuli wafat

Ia juga berduka dengan wafatnya KH Zainuddin Djazuli yang merupakan pengasuh PP Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri tersebut, pada Sabtu. Ia langsung mendengar kabar berpulangnya kiai karismatik tersebut dan langsung mengucapkan duka cita pada keluarga.

"Kita semua telah kehilangan sosok guru yang sangat baik KH Ahmad Zainuddin Djazuli. Semoga amal ibadah dan ilmu yang sudah diamalkan beliau (KH Ahmad Zainuddin Djazuli) diterima di sisi Allah SWT," ujarnya.

Baca juga: Pengasuh PP Al-Falah Ploso Kediri KH Mun'im Djazuli wafat

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri KH Zainuddin Djazuli wafat setelah sebelumnya mendapatkan perawatan di rumah sakit wilayah Tulungagung, karena sakit yang dideritanya.

Sesuai dengan rencana, jenazah juga langsung dikebumikan di makam yang ada di area pesantren, tepatnya di samping masjid PP Al Falah. Di lokasi tersebut juga ada makam KH Djazuli Ustman dan ibu Nyai Hj Rodliyah Djazuli.

Baca juga: Sandiaga temui pengasuh Pesantren Ploso Kediri

Gus Muhammad Abdurrahman Al Kautsar, salah satu kerabat membenarkan tentang wafatnya KH Zainuddin Djazuli, pada Sabtu. Namun, ia meminta agar semua santri, alumni, maupun wali santri untuk tidak menghadiri prosesi pemakaman.

Ia juga meminta agar mendoakan almarhum KH Zainuddin Djazuli dari rumah masing-masing demi kebaikan bersama. Ia juga berterimakasih kepada seluruh santri, alumni dan sebagainya atas doa yang diberikan.

Sebelumnya, putri almarhum KH Zainuddin Djazuli, Ning Hj Farikhah Ismawati juga meninggal dunia belum lama ini, karena sakit. 

Baca juga: Gubernur Jatim: Umat Islam se-Indonesia berduka KH Nawawi wafat
Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021