Beijing (ANTARA) - Pusat Komando Epidemi Taiwan (CECC), Kamis, mengumumkan bahwa kewaspadaan level III COVID-19 diperpanjang hingga 26 Juli, namun beberapa regulasi mulai pekan depan diperlonggar sehingga masyarakat bisa melakukan sejumlah kegiatan.

Menteri Kesehatan yang juga merangkap Ketua CECC, Chen Shih Chung, mengatakan bahwa kewaspadaan di Taiwan yang masih pada level III hingga 12 Juli itu akan diperpanjang dua pekan lagi karena risiko penularan COVID-19 di tengah masyarakat masih ada.

Beberapa pembatasan dalam kegiatan sehari-hari akan diperlonggar mulai 13 Juli, memungkinkan masyarakat untuk makan di restoran asal pengelola menerapkan jarak sosial dan memasang plastik pelindung antarmeja, demikian CECC dikutip kantor berita setempat CNA.

CECC menyarankan tiap orang untuk tidak berada di dalam restoran lebih dari satu jam dan wajib mengenakan masker kecuali saat makan atau minum.

Begitu pula dengan objek wisata dan fasilitas lain seperti perpustakaan, museum, gedung bioskop, dan pusat kebugaran. Mereka diizinkan beroperasi kembali dengan menerapkan aturan jarak sosial dan wajib masker.

Namun, penginapan di pantai atau gunung masih tertutup untuk umum, kata Wakil Ketua CECC Chen Tsung Yen.

Tempat hiburan lain yang sulit menerapkan kewajiban bermasker, seperti kelab malam, karaoke, bar, dan diskotek, masih dilarang beroperasi.
 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021