Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Srikandi BNI Sri Indira mendorong para perempuan untuk cerdas mengelola keuangan agar mampu meraih cita-cita yang diinginkan terutama di tengah masa pandemi COVID-19.

“Pegawai perempuan BNI merupakan mitra dalam mendukung pembangunan Indonesia yang lebih baik. Srikandi BNI juga sarana untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pegawai perempuan BNI,” katanya di Jakarta, Kamis.

Sri menyatakan keterlibatan perempuan semakin penting dalam banyak sektor ekonomi sehingga kemampuan merencanakan keuangan dengan baik harus terus didukung termasuk oleh BNI.

Ia menuturkan BNI bekerja sama dengan Komunitas Stellar Women untuk mendorong perempuan semakin mahir dalam mengelola keuangan secara digital termasuk berinvestasi dan menyiapkan tabungan masa depan.

Co-Founder Stellar Women Aliya Tjakraamidjaja mengatakan literasi finansial perempuan di Indonesia masih rendah yakni sekitar 36,13 persen pada 2019 padahal mayoritas pelaku UMKM merupakan perempuan.

“Karena itu menurut kami sekarang adalah waktu yang tepat bagi wanita untuk lebih terlibat ke sektor ekonomi,” ujarnya.

Aliya pun berterima kasih kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atas dukungannya bersama-sama untuk menanamkan kebiasaan keuangan yang sehat.

“Ini dilakukan agar perempuan dapat lebih berdaya dalam merencanakan masa depan keuangannya,” tegasnya.

Baca juga: Peruri bantu UMKM kenalkan digitalisasi dan literasi keuangan

Baca juga: Menkop Teten ingin literasi keuangan di kalangan UMKM meningkat

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021