Bali United dan Persipura urung berlaga di Piala AFC 2021

Bali United dan Persipura urung berlaga di Piala AFC 2021

Bali United dan Persipura dipastikan urung berlaga di Piala AFC 2021 setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) membatalkan pelaksanaan fase grup Zona ASEAN. (ANTARA/Juns)

Jakarta (ANTARA) - Dua klub Liga 1 Indonesia, Bali United dan Persipura, dipastikan urung berlaga di Piala AFC 2021 setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) membatalkan pelaksanaan fase grup Zona ASEAN.

Dikutip dari laman resmi AFC di Jakarta, Rabu, AFC meniadakan laga Zona ASEAN yang meliputi Grup G, H dan I dengan status keadaan kahar (force majeure) lantaran tidak bisa menemukan tuan rumah terpusat untuk ketiga grup tersebut seiring meningkatnya kasus COVID-19, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, AFC juga tidak mempertandingkan lagi semua laga di fase "playoff" Piala AFC 2021 dengan alasan yang sama.

Dua klub wakil Indonesia, yaitu Bali United serta Persipura masing-masing menghuni Grup G dan H. Mereka dijadwalkan berlaga pada rentang waktu 29 Juni sampai 6 Juli 2021.

Baca juga: Piala AFC 2021 berpotensi lanjut tanpa Bali United dan Persipura 

Namun ternyata sampai berita ini diturunkan, belum ada pertandingan Grup G, H dan I yang bergulir karena tidak ada negara yang siap menjadi tuan rumah terpusat seiring perjuangan global, khususnya kawasan Asia Tenggara, melawan penambahan kasus COVID-19.

Sebaliknya, fase grup Zona Asia Barat, Asia Tengah dan Asia Timur sudah tuntas dilaksanakan. Sementara untuk Grup D yang masuk Zona Asia Selatan akan digelar mulai pertengahan Agustus 2021.

AFC menegaskan Piala AFC 2021 akan terus berjalan dengan pertandingan yang ada sampai partai final turnamen digelar pada 5 November 2021. 

Baca juga: PSSI pertimbangkan tawaran jadi tuan rumah fase grup Piala AFC 
Baca juga: Jacksen: Persipura siap arungi Piala AFC 2021 di mana saja 
Baca juga: Bali United mulai genjot pemain dengan latihan fisik 

 
Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021