Ferran Torres dan Rodri bisa ke olimpiade, tetapi mereka tidak akan ikut karena sudah tampil di Euro
Jakarta (ANTARA) - Manajer Manchester City Pep Guardiola mengungkapkan klubnya tidak mengizinkan dua pemain mereka Rodri Hernandez dan Ferran Torres bermain memperkuat Spanyol dalam Olimpiade Tokyo 2020, sembari mengatakan klub-klub lain juga perlu menempuh langkah serupa demi mencegah pemainnya terlalu kelelahan.

Sedikitnya enam pemain yang saat ini membela La Furia Roja di Euro 2020 termasuk dua penggawa Barcelona Pedri dan Eric Garcia, dipanggil untuk memperkuat Spanyol di Olimpiade Tokyo dan dijadwalkan memulai latihan pada 12 Juli, sehari setelah final Euro 2020.

Sedangkan klub-klub di luar Spanyol punya hak untuk tidak mengizinkan pemainnya main di olimpiade, klub-klub Spanyol wajib untuk melepas pemainnya.

"Ferran Torres dan Rodri bisa ke olimpiade, tetapi mereka tidak akan ikut karena sudah tampil di Euro. Ini sudah berlebihan," kata Guardiola kepada stasiun televisi TV3 dilansir Reuters, Senin.

"Satu turnamen musim panas sudah cukup. Klub lah yang membayar gaji para pemain ini dan mereka harus menjaga asetnya.

"Jadwal pertandingan sekarang begitu brutal dan nyatanya kompetisi serta turnamen baru terus bermunculan," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Spanyol umumkan 22 pemain untuk skuad Olimpiade Tokyo
Baca juga: Liverpool tak izinkan Mohamed Salah bela Mesir di Olimpiade Tokyo


Spanyol dijadwalkan menghadapi Italia dalam semifinal Euro 2020 di Wembley, London, Selasa (6/7) besok, dan Guardiola memuji mantan rekannya di Barcelona Luis Enrique yang telah membimbing langkah Tim Matador sejauh ini.

"Anda tidak bisa menggambarkan betapa bahagianya saya untuk Luis Enrique. Dia pantas meraih ini semua bahkan lebih," katanya.

"Dia adalah pemenang di tim ini dan terus memperlihatkannya lewat keputusan-keputusan yang diambilnya," kata Guardiola.

Baca juga: Hibrida gaya sepak bola empat semifinalis Euro
Baca juga: Semifinal Euro 2020: Italia ladeni Spanyol, Inggris ditantang Denmark

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021