Mexico City (ANTARA) - Pejabat Mexico City mengatakan pada Sabtu (3/7) dukungan keuangan akan ditingkatkan untuk keluarga korban yang meninggal setelah jalan layang kereta api metro runtuh ke jalan yang sibuk dengan jumlah total hampir 2 juta peso (Rp1,4 miliar).

Para pejabat mengatakan dalam konferensi pers bahwa keluarga dari 26 orang yang meninggal dalam insiden 3 Mei akan menerima tambahan satu juta peso sebagai kompensasi untuk total 1,9 juta peso, dan bahwa mereka akan menerima uang itu minggu depan.

Mexico City pertama kali mengumumkan keluarga korban akan menerima 650.000 peso awal sebagai kompensasi dari jalur kereta Metro pada 8 Mei. Jumlah itu kemudian dinaikkan menjadi 870.000 peso, kata para pejabat, sebelum kenaikan baru diumumkan Sabtu. Tambahan 50.000 peso dari kota juga merupakan bagian dari kompensasi.

"Kami akan mengirimkan pemberitahuan dan dalam minggu ini kami akan mulai mengirimkan jumlah tambahan juta peso ini," kata Armando Ocampo dari komisi eksekutif Mexico City untuk perhatian kepada para korban.

Runtuhnya jalan layang di Jalur 12 metro di tenggara Mexico City pada 3 Mei memicu penyelidikan independen atas insiden tersebut. Hasil awal menunjukkan patahan struktural memicu keruntuhan.

Sebuah konsorsium yang terdiri atas Grupo Carso milik miliarder Meksiko Carlos Slim, Grupo ICA dari Meksiko dan Alstom dari Prancis membangun Line 12.

Slim mengatakan minggu lalu saluran tersebut tidak memiliki masalah saat dibuka. Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan setelah pertemuan dengan Slim bahwa raja bisnis itu akan menanggung seluruh biaya pembangunan kembali bagian yang runtuh, tanpa biaya kepada pemerintah.

Sumber: Reuters
Baca juga: Saksi gambarkan kengerian kecelakaan kereta api Metro Meksiko
Baca juga: 15 tewas dalam penembakan di kelab malam Meksiko
Baca juga: 20 korban hangus terbakar akibat kecelakaan di Meksiko

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021