Mendikbudristek lantik sejumlah pejabat Kemendikbudristek

Mendikbudristek lantik sejumlah pejabat Kemendikbudristek

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim melantik sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Jakarta, Jumat (2/7). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim melantik sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Alhamdulillah hari ini kita dapat melaksanakan pelantikan beberapa pejabat yang akan turut bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar. Merdeka Belajar merupakan upaya kita bersama untuk mewujudkan lingkungan belajar yang mendorong anak-anak berpikir kritis, kreatif, serta menumbuhkan karakter pembelajar yang tangguh,” ujar Nadiem dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Nadiem Makarim: Pendidikan tinggi penting agar tidak tertinggal zaman

Nadiem menekankan pentingnya kepekaan terhadap membaca peluang, kreatif dalam menemukan solusi, dan adaptif terhadap perubahan.

“Dewasa ini kita dituntut untuk peka membaca peluang, kreatif dalam menemukan solusi, dan adaptif terhadap perubahan. Apalagi, di masa mendatang dimana anak-anak kita menjadi penentu arah perkembangan bangsa. Ketiga hal tersebut akan semakin dibutuhkan,” jelas dia.

Sejumlah pejabat yang dilantik, yakni Dr Abdoellah MPd sebagai Widyaprada Ahli Utama pada Kemendikbudristek. Nadiem berharap Abdoellah dapat melakukan tugas dan fungsi pemetaan mutu pendidikan, pendampingan dan pembimbingan satuan pendidikan, supervisi pendidikan, dan pengembangan model penjaminan mutu pendidikan.

“Kami mengharapkan kontribusi bapak dalam mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan yang mendukung semangat dan cita-cita Merdeka Belajar,” harap dia.

Selanjutnya, pejabat yang dilantik adalah Ir Muhaswad Dwiyanto MPd sebagai Inspektur I dan Drs Bernard Purba, MAk sebagai Inspektur III di lingkungan Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek.

“Peranan bapak-bapak dalam penyelenggaraan pengawasan internal di lingkungan Kemendikbudristek dalam pengelolaan anggaran dan kinerja satuan kerja dalam kerangka audit berbasis kinerja sangat krusial dalam upaya kita meningkatkan kualitas layanan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi,” tambah dia.

Nadiem juga melantik Dr Suhartono Arham MSi sebagai Direktur Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, serta Drs Triyantoro MSi sebagai Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa, Sekretariat Jenderal Kemendikbudristek.

“Saya harap bapak-bapak dapat segera melakukan koordinasi dengan segenap jajaran pimpinan dan pegawai di lingkungan satuan kerja masing-masing guna menjamin kelancaran jalannya organisasi yang mendukung upaya pencapaian visi dan misi Kemendikbudristek,” katanya.

Baca juga: Kemendikbudristek gandeng Twitter perkuat literasi media sosial

Baca juga: P2G minta pemerintah percepat vaksinasi anak dan guru

Selain itu, Nadiem juga melantik Prof Dr Ing Mitra Djamal sebagai Rektor Institut Teknologi Sumatera, Prof Dr Muhammad Zamrun F SSi MSc sebagai Rektor Universitas Halu Oleo periode 2021-2025. Sementara itu, di lingkungan pendidikan vokasi dilantik Muh Subhan SST MT sebagai Direktur Politeknik Negeri Fakfak periode 2021-2025.

“Kami harap, bapak-bapak dapat terus mengembangkan iklim pendidikan tinggi yang memacu kreativitas dan inovasi pada perguruan tinggi yang dipimpin. Dengan begitu, perguruan tinggi kita akan menghasilkan para pencetus perubahan yang akan membawa Indonesia maju ke panggung global,” jelas Nadiem.

Menteri Nadiem juga menyampaikan ucapan penghargaan dan terima kasih kepada Ir Ofyar Z Tamin M.Sc PhD yang berdedikasi sebagai Rektor Institut Teknologi Sumatera hingga akhir hayat.

Pewarta : Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021