Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Umi Mastikah mengatakan akumulasi pasien sembuh dari paparan COVID-19 di daerah itu mencapai 6.603 orang.

"Sampai kemarin jumlah pasien sembuh dari paparan COVID-19 sebanyak 6.603 orang usai terjadi penambahan 32 pasien sembuh. Angka itu berada di 89,95 persen dari total kasus positif," kata Umi di Palangka Raya, Kamis.

Baca juga: Sebanyak 96.384 pasien COVID-19 di Wisma Atlet sembuh

Wanita yang menjadi Wakil Wali Kota pertama di Palangka Raya itu terus mengajak masyarakat "Kota Cantik" terus menerapkan protokol kesehatan.

Apalagi, lanjut dia, Satgas Palangka Raya masih tercatat penambahan 59 kasus positif COVID-19 sehingga akumulasi warga yang positif terjangkit virus tersebut mencapai 7.341 orang.

Selanjutnya berdasar data Satgas COVID-19 Palangka Raya di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah juga tercatat sebanyak 514 orang masih dinyatakan positif dan masih menjalani perawatan atau sebanyak tujuh persen dari total kasus positif.

Baca juga: 50 orang pasien COVID-19 di Graha Wisata TMII telah sembuh

Dari seluruh kasus COVID-19 yang ada juga tercatat jumlah kematian pasien sebanyak 224 orang meninggal dunia. Sementara masyarakat yang berstatus suspek COVID-19 tercatat 1.234 orang.

Data tersebut berhasil dihimpun dari seluruh wilayah di Kota Palangka Raya mencakup lima kecamatan yang mencakup 30 kelurahan. Bertambahnya kasus COVID-19 tersebut menurut Umi juga bentuk keberhasilan tim kesehatan dalam melakukan penelusuran kontak erat antara masyarakat dengan pasien positif.

Baca juga: Sebanyak 94.158 pasien COVID-19 di Wisma Atlet sembuh

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Pemerintah Kota Palangka Raya pun mengajak masyarakat di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19 yang tak kunjung usai.

Selain itu juga mengajak warga di kota setempat turut menyukseskan pelaksanaan vaksin COVID-19 terutama yang menjadi sasaran dan masuk kriteria termasuk para lansia di kota setempat sehingga target capaian vaksin yang ditetapkan pemerintah segera tercapai.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021